Selasa, 29 Oktober 2013

Warga Depok Korban Pohon Tumbang Terima Bantuan Stimulan dari PMI Kota Depok


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Selasa, 29 Oktober 2013


Cuaca ekstrem akhir –akhir ini membuat masyarakat tidak dapat memprediksi hujan, panas atau volume hujang angin dan resiko banjir. Warga di Jalan Sumatera RT. 02 RW.05 terkena imbas dari tumbangnya sebuah pohon kapuk yang berumur tua di Jalan ini. Pohon tumbang tersebut mengenai, dan merusak 4 rumah, dari 4 keluarga di Jalan Sumatera.

Pemerintah Kota Depok bertindak responsif dan berempati atas musibah tak terduga ini. Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA, Selasa (29/10) melihat lokasi rumah warga yang terkena pohon tumbang tersebut. Beliau juga mengucapkan duka, dan berempati atas kejadian tersebut, beberapa warga ada yang terluka ringan, namun untungnya tidak ada korban meninggal dunia. Wakil Walikota meninjau keempat rumah, dan melihat beberapa kerusakan akibat tumbangnya pohon. 

Turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok Diah Sadiah, MSi untuk melihat dan memberikan dukungan moril kepada para warga yang terkena bencana.

KH. Idris Abdul Somad mengatakan “ kejadian ini merupakan musibah yang tidak terduga, dan ini dapat dijadikan pelajaran berharga bagi Pemerintah Kota dan Kita semua, agar lebih memperhatikan alam, dan lingkungan sekitar, memperhatikan pohon yang berumur tua, yang rentan tumbang,” tuturnya.

Beliau juga menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota tidak dapat memberikan bantuan secara langsung karena ada peraturan yang melarangnya. Karena bantuan hanya dapat diberikan jika ada fasilitas umum yang terkena/ rusak karena suatu musibah.
Namun Kadisnakersos Kota Depok Diah Sadiah, MSi, menambahkan Bantuan dapat diberikan kepada warga yang terkena musibah ini, melalui bansos yang tidak direncanakan, tetapi harus melalui prosedur dan sesuai peraturan yang berlaku. Pengajuan/permohonan bantuan dapat ditujukan kepada Walikota Depok, selanjutnya akan diproses sesuai dengan prosedur.

Idris juga menambahkan, bantuan lainnya, mungkin akan datang dari CSR dari perusahaan di Depok yang mau membantu warga tersebut.
“Sebagai Pembina PMI, Saya mewakili Pemerintah Kota dan PMI Kota Depok memberikan bantuan stimulant sebesar 5 juta rupiah untuk 4 keluarga yang terkena musibah pohon tumbang. Semoga bantuan tersebut dapat didistribusikan dengan baik oleh lurah, dan rw setempat kepada warga dengan baik dan lancar. Semoga bantuan dapat bermanfaat dan barokah bagi warga tersebut,” tuturnya
Sebelum Wakil Walikota beserta jajaran meninggalkan lokasi musibah, Lurah, Rw dan warga- warga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang telah diberikan. Mereka berharap semoga bantuan ini dapat bermanfaat. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar