Jumat, 03 Mei 2013

Depok Kota Pertama di Indonesia Yang Luncurkan Kelas Maya



Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Voeg byskrif by

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI meluncurkan program Kelas Maya secara resmi pada, Jumat (9/11/2012) lalu, guna memperbaiki sistem pembelajaran yang ada saat ini. Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemdikbud, Ari Santoso, mengatakan bahwa keberadaan Kelas Maya ini merupakan bentuk dukungan bagi proses pembelajaran yang lebih terintegrasi baik dari sisi konten maupun proses interaksi. "Jadi nanti formatnya seperti teleconference dengan guru. Sementara antar siswa saat berdiskusi disediakan format chatting. Murid bebas memilih guru yang diinginkan dari berbagai provinsi selama kuota anak yang diajar oleh guru tersebut masih dapat tertampung," jelas Ari.

Kota Depok merupakan kota pertama di Indonesia yang telah meluncurkan program Kelas Maya. Kelas Maya di Kota Depok diluncurkan saat Seminar Nasional yang diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata Depok, Kamis (2/5) siang. Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila mengatakan peluncuruan program Kelas Maya ini sejalan dengan salah satu program andalan di Kota Depok, yaitu Depok Cyber City. “Peluncuran kelas maya ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan angka partisipasi kasar di dunia pendidikan. Kelas maya juga mampu meningkatkan kompetensi guru, jadi semua guru wajib dan paham melek IT. Dengan adanya kelas maya, maka mata pelajaran TIK akan ditiadakan. Guru-guru TIK akan diberikan pelatihan untuk kelas maya. Dan kami men-training 30 guru, yang nantinya juga bisa menjadi trainner bagi daerah lain, karena Kota Depok menjadi pilot project pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Pustekkom Kemendikbud” jelas Herry.

“Dengan kelas maya ini, bisa berdayakan juga sekolah terbuka,yang selama ini belajar hanya seminggu sekali, jadi bisa setiap hari tanpa datang ke sekolah, karena hanya diakses melauli internet saja. Kelas maya ini sangat efisien dan efektif dan banyak manfaatnya, salah satunya dari sisi ekonomi, tidak tidak perlu mengeluarkan biaya transport dan dan uang jajan lagi, serta akan mengurangi kemacetan” tutur Herry sekaligus menginformasikan kualiats dan pengajaran kelas maya sesuai dengan kurikulum pengajaran dari pusat.

Ari Santoso mengatakan Kemendikbud sangat mendukung peluncuran kelas maya di kota Depok. Karena edukasi atau kelas maya merupakan tuntutan kemajuan zaman diera teknologi. "Kita menyiapkan semuanya, kita melihat kelas maya ini merupakan Depok cyber city bidang pendidikan, saya sudah bertemu dengan Kadisdik Kota Depok, ini sesuatu yang luar biasa, melihat kota Depok sudah potensial sekali dengan kelas maya”ujar Ari usai menghadiri seminar nasional. (ols)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar