Jumat, 06 Desember 2013

Aksi Jum`at Bersih Sebagai Upaya Ciptakan Depok Bersih dan Hijau


Siaran Pers

Humas dan Protokol Setda Kota Depok

Jum`at, 6 Desember 2013

 

 

Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota Depok untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan hjau. Sampah merupakan salah satu pemicu yang dapat mengotori lingkungan, dan permasalahan sampah merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dianggap ringan. Selain masalah sampah yang susah diurai, kebiasaan membuang sampah sembarangan pada masyarakat merupakan masalah besar yang harus diselesaikan dan dicarikan solusinya.

Penyadaran kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, edukasi reuse, recyle, dan reduse terus dilakukan Pemerintah Kota Depok melalui berbagai kegiatan di seluruh wilayah Kota Depok. Salah satu kegiatan untuk menciptakan kebersihan di Kota Depok juga melalui aksi Jum`at bersih, aksi Jum`at bersih ini dilakukan secara rutin di seluruh wilayah di Kota Depok seminggu sekali.Aksi ini juga dapat melengkapi kegiatan kerja bhakti yang sudah dilakukan oleh masyarakat diakhir pekan.

Jum`at (6/12) Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA melakukan aksi Jum`at bersih di Pasar Cisalak.  Aksi Jum`at bersih ini dilakukan secara bersama-sama dengan Kepala OPD, Unsur Muspika, Beberapa Camat, Pengurus Pasar Cisalak, dan element masyarakat  lainnya.

Idris Abdul Somad, MA mengatakan “Permasalahan sampah bukanlah masalah yang ringan, masalah sampah masih belum selesai. Pemerintah Kota Depok terus berupaya melakukan sosialisasi, mengajak dan mengedukasi masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, seperti melakukan pengolahan sampah, sebagai upaya menciptakan Depok bersih dan hijau.

Pemecahan masalah sampah tertuang di dalam Program unggulan Kota Depok yaitu Depok tertib dan unggul dan Depok bersih dan hijau, diharapkan Jum`at bersih harus terus dilakukan, tidak sekedar ritunitas, tetapi dilakukan dengan seksama, demi terciptanya lingkungan yang bersih, “tuturnya.

Tambahnya, setiap warga hendaknya saling mengingatkan, pemilik toko harus menjaga kebersihan, tidak membuang sampah ke selokan atau saluran air. UPS hendaknya harus zero waste. Marilah secara bersama-sama mencari solusi pemecahan permasalahan sampah. Agar para pedagang, dan konsumen merasa nyaman, jagalah kebersihan, sehingga image pasar tradisional yang kotor akan hilang, jika secara bersama-sama menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya hal tersebut dapat tercapai. Sampah merupakan masalah yang cukup crusial dan harus di selesaikan secara serius.

Untuk mendukung masyarakat membuang sampha pada tempatnya, hendaknya disediakan tempat-tempat sampah yang cukup, memadai dan mudah ditemukan.cBerbagai ajakan, dan upaya yang dilakukan semata-mata untuk kepentingan kesehatan masyarakat dan mewujudkan Depok bersih dan hijau,” tuturnya. (Endang)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar