Rabu, 06 Februari 2013

MoU Gakkumdu, Titik Awal Terciptanya Pemilu Yang Aman dan Damai





Humas Setda Kota Depok
Press Release
Rabu, 6 Februari 2013

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il menghadiri penandatanganan nota kesepahaman Gakkumdu Pemilu Gubernur/ Wakil Gubernur Jabar Th 2013 antara Panwaslu, Kepolisian Resort, dan Kejaksaan Negeri Depok di Polres Depok, Rabu (6/2). Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Depok, Ketua KPUD Kota Depok, Kodim 0508 Depok, dan tim sukses dari masing-masing pasangan calon Gubernur/ Wakil Gubernur Jabar.

Ketua Panwaslu Kota Depok Sutarno mengatakan bahwa penandatangan ini menjadi titik awal terciptanya pemilu yang aman dan damai, tak hanya untuk pilgub Jabar saja, tapi juga untuk pemilu-pemilu berikutnya. Setiap pemilu, memungkinkan akan diwarnainya dengan berbagai dinamika, seperti pelanggaran ataupun tidak puas dengan hasil penghitungan suara. Kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah dan mengatasi semua dinamika tersebut, dengan menyiapkan antisipasi dan peran masing-masing dalam setiap tahapan pemilu serta bersama-sama bertekad untuk menciptakan pemilu yang akomodatif dan kondusif sesuai dengan azas, kultur budaya, dan peraturan yang berlaku. “Semoga penandatanganan ini bukan hanya ceremonial saja, tapi menjadi momen penting demi terwujudnya demokrasi yang berkualitas di Kota Depok” harap Sutarno.   

Kapolres Depok AKBP Achmad Kartiko mengatakan penandatangan ini akan memberi keyakinan untuk dapat melaksanakan pemilu nanti secara optimal sesuai dengan tahapan dan aturan yang berlaku. “Semoga dengan penandatangan ini akan memperkokoh kita (antar instansi yang ada di Kota Depok) dengan dilandasi oleh komitmen bersama untuk mewujudkan pemilu yang tertib dan aman. Pemilu yang tertib dan aman akan mewujudkan pemerintahan yang cerdas dan damai menuju masyarakat yang maju dan sejahtera. Mari bersama, kita bekerjasama menciptakan pesta demokrasi yang aman dan damai” ajak AKBP Achmad Kartiko.

Kajari Depok Raden Herdinan Soekarsa menyambut baik adanya penandatanganan ini. “Selain penandatanganan, kita juga harus berkordinasi secara aktif sehingga segala pelanggaran yang terjadi dapat dicegah dan diatasi dengan baik dan sesuai aturan hukum yang berlaku’ ujar Herdinan.

Selain penandatanganan, Deklarsi Pemilu Damai juga dilaksanakan dan dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Kota Depok, Raden Salamun Adi Ningrat. “Dekalarsi ini sebenarnya telah dilakukan oleh masing-masing pasangan calon Gubernur/ Wagub di bandung pada 18 Desember 2012 lalu. Dengan begitu, secara otomatis komitmen moral sudah menjadi bagian dari keharusan bagi tim kampanye yang ada di Depok. Saat ini, kita laksanakan kembali deklarsi tersebut sebagai tekad kita untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai” terang Salamun.

Walikota Depok berharap pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 24 Februari mendatang berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Pemimpin Kota Belimbing juga menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dan turut menjaga keamanan dan ketertiban demi suksesnya pemilu Jabar nanti. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar