Kamis, 28 Maret 2013

Pemkot Depok Dinilai Terbaik Dalam Pelayanan Publik

Humas Protokol Setda Kota Depok
Press Release
Kamis, 28 Maret 2013



 Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il menerima Piagam Penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) di Balai kartini Jakarta, Kamis (28/3). Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar. Walikota Depok merupakan salah satu dari 13 Walikota/ Bupati se-Indonesia yang menerima penghargaan, karena kota/ kabupaten tersebut dinilai terbaik dalam pelayanan publik. Ke-13 Walikota/ Bupati tersebut adalah Walikota Denpasar, Walikota Depok, Walikota Magelang, Walikota Pekalongan, Walikota Sleman, Bupati Bogor, Bupati Boyolali, Bupati Kudus, Bupati Majalengka, Bupati Ogan Komering Ulu, Bupati Pak-pak Bharat, Bupati Pinrang, dan Bupati Sleman. 

Wakil Menpan, RB Eko Prasojo mengatakan tujuan penilaian dan penghargaan, untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten/Kota sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat melalui transparansi dan standarisasi pelayanan sejalan dengan implementasi instruktur Presiden No. 5 Th. 2004 tentang percepatan pemberantasan korupsi.
“Penentuan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah dilihat mulai dari seberapa jauh pelayanan dasar, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan perijinan, sehingga masyarakat dapat merasakan langsung kehadiran pemerintah. Pemda juga harus membuka saluran-saluran informasi yang dapat menunjang transparansi. Kepala daerah harus cerdas dalam menyikapi perkembangan dan tuntutan masyarakat” paparnya

Penilaian didasarkan pada fakta yang diamati dan dinilai oleh tim CBAN di unit-unit Pelayanan Publik. Pada Tahun 2012, Kota Depok telah menjadi nomer 1 se-Jawa Barat, dan kembali bersaing secara Nasional. Kini, Kota Depok berhasil mendapat Piagam CBAN dengan predikat B. “Piagam ini dimaknai sebagai upaya pemerintah pusat untuk mendorong daerah dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik di daerahnya masing-masing. Penilaian ini bukan hanya penghargaan semata tetapi sebagai media intropeksi dari keseluruhan pelayanan sehingga kami bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” tutur Walikota menambahkan, Pemerintah Kota Depok akan terus berusaha meningkatkan pelayanan publik, sesuai dalam visi RPJMD Tahun 2011-2016 yaitu: Terwujudnya Kota Depok yang Maju dan Sejahtera. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar