Senin, 29 April 2013

Walikota Hadiri Undangan Pelaksanaan Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Bagi Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota Angkatan ke-3 Tahun 2013


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Senin, 29 April 2013


Senin (29/4) Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il menghadiri pelaksanaan orientasi kepemimpinan dan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Bagi Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota angkatan ke-3 Tahun 2013. Kehadiran Beliau dalam acara ini sebagai perkenalan, persiapan menjadi nara sumber bagi para peserta (kepala daerah) se-Indonesia. Nur Mahmudi Isma`il terpilih menjadi nara sumber karena, pengalaman, prestasi dan reputasi beliau yang baik selama menjadi kepala daerah, serta pengalamannya sewaktu menjadi menteri pada era Presiden Gusdur.  Pada saat menjadi nara sumber Nur Mahmudi Isma`il nantinya akan membagikan sedikit ilmu dan pengalamannya kepada para peserta .

Nur Mahmudi Isma`il mengucapkan rasa syukur, terimakasih dan apresiasi kepada Kemendagri yang telah memilih Beliau sebagai nara sumber. Beliau juga berharap nantinya sedikit ilmu dan pengalamannya selama menjadi kepala daerah akan bermanfaat bagi para peserta, dan dapat dijadikan pelajaran dikemudian hari.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengucapkan selamat kepada Para Walikota/Bupati, Wakil Walikota/Wakil Bupati yang baru saja dilantik dan selamat mengikuti orientasi dengan sungguh-sungguh. Beliau berpesan agar para kepala daerah hendaknya menjalankan tugasnya dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, karena sesungguhnya, pekerjaan yang dilakukan dengan ikhlas dan menyangkut kepentingan orang banyak adalah sebuah ibadah yang baik.

“Kepala daerah hendaknya melaksanakan penempatan aparaturnya sesuai dengan prinsip right man on the right place,”  serta tidak melakukaan promosi, mutasi dan rotasi berdasarkan like dan dislike” !
Kepemimpinan yang baik selalu memenuhi unsur POAC (Planing, Organizing, Actuating, Controling) dan Beliau menambahkan Handling.
“Sebagai kepala daerah yang bijak, hendaknya tidak terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan serta dalam membuat suatu kebijakan daerah.
Berhati-hati dan berfikir matang dalam menyetujui sesuatu hal, “tuturnya.

Pemukulan gong yang dilakukan oleh Menteri dalam Negeri menandakan bahwa pelaksanaan orintasi tersebut secara resmi dibuka.

Orientasi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah dilaksanakan dengan pertimbangan sangat bervariasinya latar belakang Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota hasil Pemilukada. Orientasi ini juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh Kemendagri tahun 2013 dan akan dilaksanakan sebanyak 6 angakatan dari tanggal 4 Maret hingga 12 Oktober 2013. Angkatan ke-3 dari tanggal 29 April hingga 18 Mei 2013.

Melalui orientasi ini diharapkan para kepala daerah akan mempunyai pemahaman terhadap berbagai konsep, teori, dan filosofi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah, pengenalan terhadap berbagai produk kebijakan yang berkaitan dengan kepemimpinan lokal dan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Para istri Bupati/Walikota, dan Wakil Walikota/Wakil Bupati juga akan mendapatkan pelajaran dalam orientasi ini serta pengembangan kepribadian agar mampu mendampingi suaminya dalam melaksanakan tugas sebagai kepala daerah.
Dari seluruh proses yang telah diikuti dalam kegiatan orientasi ini diarahkan untuk mewujudkan daerah otonom yang grand desain pelaksanaannya ke depan seperti yang telah ditetapkan dalam 7 elemen utama dalam penyelenggaraan otonomi daerah.  Kegiatan lanjutan dari orientasi adalah Executive Education Training, program kerjasama antara Harvard Kennedy School dan Kementerian Dalam negeri yang akan diikuti oleh alumni orientasi. (Endang)

Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar