Jumat, 31 Mei 2013

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Pemkot Depok Gelar Aksi Bersih

Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Jum’at, 31 Mei 2013

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, yang jatuh pada 31 Mei setiap tahunnya, diperingati oleh Pemerintah Kota Depok dengan menggelar aksi bersih sekaligus mengkampanyekan bahaya merokok dibeberapa tempat keramaian, Jum’at (31/5) pagi. Aksi bersih dan kampanye yang digelar dari pukul 07.30 wib ini diikuti oleh seluruh aparatur Pemerintah Kota Depok, tak terkecuali Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il dan Wakil Walikota H M Idris Abdul Shomad. Peringatan Hari Tanpa Tembakau ini merupakan momentum bagi upaya penyadaran masyarakat akan bahayanya produk tembakau dalam bentuk rokok.

Pemimpin Kota Belimbing terjun langsung dalam aksi bersih di pasar Agung, bersama Ketua TP PKK Kota Depok Hj Nur Azizah Tamhid, Sekretaris Daerah Kota Depok Hj Ety Suryahati dan jajarannya. Disana, Walikota juga sempat menanam pohon sebagai upaya menghijaukan lingkungan pasar. Usai melakukan aksi bersih dan tanam pohon, Walikota bersama Ketua TP PKK Kota Depok mensosialisasikan akan bahaya rokok kepada para supir angkot dan beberapa penumpang didalamnya. Dalam kesempatan itu, Nur Azizah juga membagikan leaflet akan bahaya rokok kepada warga yang berada disekitar pasar dan yang berada diangkot. Ia menyarankan agar berhenti merokok bagi perokok, karena akan berdampak negatif pada dirinya.Tak hanya aksi bersih dan kampanye, orang nomer satu di Kota Depok juga sempat memeriksa keberadaan tong sampah dibeberapa angkot yang melintas didepan pasar agung. “Tong sampah telah kami berikan, dan kami akan mengecek apakah tong sampah itu masih berada ditempatnya atau sudah hilang. Tong sampah disana berfungsi sebagai media pembelajaran agar terbiasa membuang sampah pada tempatnya dimana pun kita berada” tutur Walikota yang juga berterima kasih kepada para supir angkot yang menggunakan seragam.

Walikota sempat memberikan apresiasi kepata Ketua LPM Bakti Jaya M Yunus yang telah berhenti merokok sejak hari ini. Awalnya, Yunus adalah seorang perokok berat, yang dalam sehari-harinya bisa menghabiskan 2 bungkus rokok. Alhamdulillah pa Yunus telah sadar akan dampak buruk dari merokok, apalagi ini adalah peringatan hari tanpa tembakau, yang mengingatkan begitu banyaknya penyakit yang didapat dari rokok. “Kami berharap dengan peringati hari tanpa tembakau sedunia, para perokok untuk sejenak menghentikan kebiasaan merokok pada tanggal 31 Mei ini” himbau Walikota.


Tak hanya di pasar, aksi bersih dan kampanye juga dilakukan disepanjang jalan Margonda, terminal Depok. Jalan Arif Rahman Hakim, jalan Nusantara, dan jalan Dewi Sartika, yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota dan Ketua Forum Keluarga Harmonis Kota Depok. Wakil Walikota juga memeriksa keberadaan tong sampah diangkot-angkot serta penggunaan seragam para supir angkot. Tak hanya itu, Wakil Walikota juga menempelkan stiker larangan merokok didalam angkot diterminal Depok. Wakil Walikota juga sempat menegur para PKL yang berdagang ditepi jalan, serta menghimbaunya untuk tidak berdagang lagi disana. “Kampanye ini bertujuan untuk mensosialisasikan dampak buruk merokok bagi kesehatan dan menghimbau agar masyarakat tidak merokok” tutur Wakil Walikota. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar