Kamis, 23 Mei 2013

Wakil Walikota hadiri peringatan Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW di Majlis Ta`lim Kecamatan Cipayung



Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 23 Mei 2013





Kamis  (23/5) Wakil Walikota Depok KH. Idirs Abdul Somad menghadiri peringatan Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Majlis Ta`lim Ustad Fuad Hamzah Rt 01, RW 11 Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung. Acara ini dihadiri pula oleh  Camat Cipayung Asep Rahmat, Lurah Pondok Terong, anggota Majlis Ta`lim Ustad Fuad Hamzah, Para tokoh agama dan tokoh pemuda dilingkungan tersebut.

Peristiwa Isra dan Mi`raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan solat lima waktu sehari semalam. Peristiwa Isra Mikraj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam "diberangkatkan" oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi'raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu. Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini.

Camat Cipayung Asep Rahmat, menyatakan rasa syukurnya, masih dapat memperingati Isra dan Mi`raj Nabi Muhammad SAW. Beliau berharap melalui kegiatan ini, para hadirin mendapatkan keberkahan dan semakin mengingatkan kita akan kewajiban melaksanakan solat 5 waktu dalam sehari, tuturnya.
Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad pada kesempatan ini juga menjelaskan bahwa peringatan Isra Mi`raj dilaksanakan untuk mengingat kembali bagaimana peristiwa Nabi Muhammad menerima perintah melaksanakan solat 5 waktu dalam sehari, dan hal tersebut diikuti oleh seluruh umat Islam hingga saat ini. Melalui peringatan ini, diharapkan semua umat islam akan semakin menyadari akan perintah kewajiban melaksanakan solat 5 waktu dalam sehari.
“Esesnsi solat sebagai tiang agama, merupakan penyadaran kepada kita, solat mendasari pribadi seseorang dan solat sangat diperlukan dalam karakter building anak-anak kita. Anak-anak merupakan asset negara, sebuah generasi yang akan meneruskan perjuangan para pendahulu dimasa mendatang. Oleh karena itu pendidikan agama  menjadi hal yang utama dalam pembentukan karakter anak. Pemahaman agama yang baik akan menentukan pembentukan moral seseorang. Pendidikan, pengajaran bacaan, gerakan solat, dan pehamahan pentingnya solat dan doa kepada anak-anak harus dilakukan sejak dini.” tuturnya.
“Hafalan doa-doa harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini, agar doa-doa tersebut dapat dibaca merka ketika melaksanakan solat”. Para orangtua juga wajib memberikan dan memilih tontonan serta lagu-lagu yang mendidik kepada anak-anakny. Hal ini harus dilakukan semata-mata demi pembentukan karakter bangsa menjadi lebih baik dan religi, demi kemajuan Kota Depok khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya, “pungkasnya. (Endang)

Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar