Senin, 03 Juni 2013

Kelurahan Mekarsari Menjadi Finalis Kelurahan se-Jawa Barat

Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Senin, 3 Juni 2013


Setelah terpilih mewakili Depok di tingkat Provinsi Jawa Barat dalam lomba Kelurahan terbaik, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, kembali terpilih menjadi finalis Kelurahan se-Jawa Barat. Hari ini, Senin (3/6) pagi, Tim Recheking Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat kembali datang ke Kota Depok untuk meninjau langsung dan memperdalam tentang kesiapan Kelurahan Mekarsari untuk menjadi duta Jawa Barat dalam Tingkat Nasional. “Tahun ini, ada empat Kelurahan se-Jawa Barat yang menjadi finalis. Keempat finalis tersebut memiliki nilai beda tipis, untuk itu kami akan melihat lebih dalam lagi, siapa diantara keempat finalis yang siap untuk maju ditingkat nasional” tutur Ketua Delegasi Tim Rechecking Lomba Kelurahan Tingkat Prov Jabar Heri Hudaya di Hotel Bumi Wiyata, Depok.

Dalam kesempatan itu, Heri kembali menjelaskan 4 kriteria pokok penilaian perlombaan Kelurahan, yang didasarkan pada; (1) Indikator Keberhasilan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, (2) Indikator Inisiatif dan Kreativitas Daerah dalam Keberdayaan Masyarakat, (3) Tingkat Kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan Pemerintah, dan (4) Kinerja Camat, Kepala Kelurahan beserta perangkat dalam Pemberdayaan Masyarakat. “Kedatangan kami ke Kota Depok juga bertujuan untuk mendengarkan langsung penjelasan dari bapak Walikota tentang Kelurahan Mekarsari sehingga kota Depok bisa menjadi duta Jawa Barat” ujar Heri.

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il mengucapkan selamat kepada Tim Rechecking dan menghaturkan terima kasih atas pengakuan sementara, yaitu Kota Depok masuk 4 besar atau menjadi finalis yang telah dievaluasi tentang kinerja kelurahan. “Lomba seperti ini merupakan pendorong bagi kami sehingga kami terus berupaya untuk selalu memperkokoh kinerja kami” tutur Walikota. Dari kegiatan ini, kami telah melaksanakan beberapa hal yang menjadi amanah, seperti meningkatkan pemberdayaan dan partisipasi masyarakat. Lomba Kelurahan yang dimaksudkan untuk mengukur indeks pembangunan di tingkat kelurahan, telah kami upayakan dengan baik, sehingga IPM di Kota Depok merupakan IPM tertinggi di Jawa Barat. Semua kriteria pokok dalam penilaian juga telah kami lakukan, terutama dalam pelibatan masyarakat.

“Banyak sekali program/kegiatan kami yang melibatkan masyarakat. Salah satunya adalah musrenbang. Kami menaikan pagu anggaran untuk setiap kelurahan menjadi Rp 1 miliar,  sehingga kelurahan, LPM, para pengurus dan ketua RT/RW bersinergi membuat skala prioritas pembangunan dan meningkatkan peranannya dan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tak hanya itu, masih banyak program/kegiatan yang melibatkan dan pemberdayaan masyarakat, seperti adanya pemberdayaan ekonomi bagi pemuda dan UMKM” papar Walikota sekaligus menginformasikan bahwa kegiatan investasi di Kota Depok berkembang pesat, terutama dibidang properti dan industri. Untuk tata ruang, Pemkot Depok juga berkomitmen harus berstandar internasional, yaitu mewajibkan seluruh perumahan resmi harus mempunyai pengolahan air limbah.


Setelah mendengarkan penjelasan dari Pemimpin Kota Belimbing, Heri dan rombongan merasa puas dan mengatakan Keempat finalis tersebut sudah menjadi juara. Namun, hanya juara pertama yang akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti perlombaan kelurahan terbaik tingkat nasional. “Siapa pun nanti yang akan menjadi juara, diharapkan dukungannya dari seluruh finalis dan seluruh keluarga besar Jawa Barat” ujar Heri menutup pertemuan dengan Walikota karena akan terjun langsung ke lokasi penilaian. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar