Selasa, 08 Oktober 2013

18 Kombinasi Menu ODNR PT Medifarma Laboratories



Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Selasa, 8 Oktober 2013

Selasa (8/10) siang, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il bertandang ke PT Medifarma Laboratories yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok. Siang itu, Walikota dan jajarannya menggunakan bus operasional kota Depok, karena bertepatan dengan hari Selasa, yang merupakan implementasi One Day No Car (ODNC) di kota Depok. Disana, Walikota disambut oleh Managing Directur PT Medifarma Laboratories, Bapak Angelito Celso Racho beserta jajarannya. Kedatangan Pemimpin kota Belimbing ke pabrik obat-obatan itu, adalah untuk makan siang menu ODNR bersama seluruh karyawan PT Medifarma Laboratories.   

Tak ada yang istimewa, aturan yang berlaku disana pun ditaati oleh Walikota, yaitu mengantri untuk mengambil menu makan siang, seperti halnya 300 karyawan yang lain. Menu utama siang itu adalah nasi jagung yang dibuat dengan beberapa variasi, seperti original, nasi uduk, dan nasi goreng, yang dilengkapi dengan beberapa lauk dan sayur, seperti ayam, ikan, telur, tempe, daging, sayur asem dan lalapan, serta buah jeruk.   

Factory Manager PT Medifarma Laboratories, Wahyu Hartoyo menginformasikan bahwa sudah 3x pelaksanaan One Day No Rice (ODNR) dilakukan disini dan akan terus dilakukan, karena ODNR sejalan dengan motto perusahaan, yaitu “Ayo Makan Sehat”. ODNR juga sejalan dengan misi perusahaan, yakni “Membangun Indonesia Sehat”. Karena itulah, kami berkomitmen dan konsisten untuk selalu menyajikan menu ODNR setiap hari Selasa. Untuk terus membuat variasi dan perbaikan menu ODNR, nantinya kami mungkin akan mengadakan survey kepada para karyawan, ujar Wahyu seraya menambahkan pelaksanaan ODNR di PT Medifarma Laboratories masih sangat baru sehingga harus terus dievaluasi agar sempurna, terutama dari segi menunya. Untuk saat ini, yang menjadi menu utama para karyawan disini adalah nasi goreng ODNR.

Walikota Depok  tak segan-segan untuk memberikan apresiasinya dengan memberikan 4 jempol untuk PT Medifarma Laboratories. Apresiasi itu patut diberikan karena saya melihat sikap karyawan happy saat menyantap menu ODNR, dan menu yang disajikan adalah menu ideal, karena memiliki variasi lauk dan sayur yang cukup bagus dan banyak, apalagi didampingi dengan kerupuk dan sambal. Pengenalan karbo lokal non padi kepada karyawan juga dapat mempertajam kualitas agar menu makanan ini lebih reliable, karna dijamin memiliki indeks glikemik yang rendah. Perjalanan ODNR bukan hanya sekedar tentang mengganti karbohidratnya saja, tetapi juga penyempurnaan pola makan dan pangan harapan seperti ini. Menu ini sudah ideal dan perlu dicontoh, jelas Pemimpin kota Depok.

“Dengan beberapa lauk yang ada, maka bisa dikombinasikan 18 menu ODNR, seperti nasi jagung + ayam cabe hijau + tempe goreng + sayur asem, dan dilengkapi dengan sambal+lalapan+kerupuk. Dengan menu yang seimbang dan beragam seperti itu, tentunya membuat karyawan lebih sehat dan perusahaan lebih produktif. Menu tersebut merupakan tipe menu yang layak ditir” tutur Walikota sekaligus berharap perusahan-perusahaan di kota Depok mau meniru PT Medifarma yang telah melakukan revolusi mindset karyawannya dengan mengajak makan karbo local non padi dan menerapkan perilaku makan dan hidup sehat.

Humas Serikat Pekerja PT Medifarma, Eko Prasetyo yang sian itu memilih nasi uduk mengatakan bahwa nasi uduk dari beras jagung memiliki rupa seperti nasi biasa dan rasanya juga enak. "Rasanya seperti nasi uduk biasa, jadi tidak masalah kalau setiap hari Selasa makan nasi dengan menu ODNR" kata Eko. Senada dengan Eko, beberapa karyawan yang memilih menu nasi goreng juga mengatakan bahwa nasi goreng ini seperti nasi biasa, baik tampilan maupun rasa, dan nasinya juga tidak berbau jagung, jadi sudah enak dan mantap untuk dikonsumsi. (olas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar