Kamis, 03 Oktober 2013

Depok Berpotensi Untuk Terus Kembangkan Budidaya Ikan Hias

Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 03 Oktober 2013

Wakil Walikota Depok H. M Idris Abdul Shomad hadir dalam penilaian kelompok budidaya ikan Tingkat Provinsi di Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan) Mutiara Tetra yang berlokasi di Jl. Robiatul Adawiyah No. 19 Rt. 03/02 Kel. Pondok Petir Kec. Bojongsari, Kamis (3/10) siang. Awali sambutan, Wakil Kota Belimbing mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Provinsi, yang diketuai oleh Bapak Tatang Sulaiman. Secara makro, kelompok budidaya ikan ini telah masuk dalam misi Kota Depok, yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis potensi lokal. “Potensi ikan hias di Kota Depok cukup bagus, karena dapat memproduksi kurang lebih 80 juta ekor/tahun dan hasilnya telah banyak dieksport keluar negeri. Ikan yang banyak dicari menurut Ketua Pokdakannya adalah ikan neon, sehingga mereka sering kehabisan” tutur Wakil Walikota.

Potensi seperti ini merupakan bagian dari UMKM yang bisa terus dikembangkan. Yang serih menjadi hambatan adalah dibidang marketingnya, untuk itu, kita harus terus mendorong dan memfasilitasi agar pemasarannya berjalan lancar, bisa melalui pameran UMKM sebagai sarana pemasaran. Bila potensi budidaya ikan ini terus dikembangkan maka perekonomian pun akan meningkat. “Kami mohon arahan, masukan, dan saran dari Tim Provinsi agar kami dapat lebih banyak info secara detail tentang perikanan sehingga dapat terus berkembang” tutur Wakil Walikota sekaligus berpesan kepada Ketua Pokdakan, Bapak Ahmad Saidi, jangan pernah merasa galau tentang perkembangan ekonomi, teruslah berusaha dan bekerja untuk wujudkan perekonomian rakyat.

Ketua Tim Provinsi, Tatang Sulaiman, menghaturkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Depok dan jajarannya atas penyambutan yang sangat hangat.  Kami datang kesini jangan dianggap sebagi penilai, tetapi lebih kepada pembina, agar semakin akrab. Kami akan mengevaluasi sejauhmana penerapan teknologi, sosial, dan ekonomi, terhadap budidaya ikan di Kota Depok. Kami juga akan menggali sejauhmana pendapatan yang diperoleh yang berdampak pada tingkat kesejahteraan, karena masuk dalam visi Jawa Barat, yaitu masyarakat maju dan sejahtera, ujar Tatang sekaligus menerangkan, nantinya akan dibagi menjadi 4 kelompok dalam penilaian, yaitu dari aspek penerapan teknologi ikan hias, aspek teknis/ekonomi, aspek sosial/dinamikanya, dan aspek administrasi. Kami juga akan memotivasi agar terus bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan, mengembangkan usaha dan kemitraan.

Ketua Pokdakan, Ahmad Saidi sempat memaparkan ekspose sebelum penilaian dimulai. Pokdakan ini berdiri sejak 7 Februari 2012 lalu, dengan fokus budidaya ikan neon tetra, cardinal, rednos, dan manfis. Saat ini, kami memiliki 20 anggota dengan 16540 aquarium dan 18 tenaga kerja. Rata-rata produksi kami untuk ikan hias neon tetra adalah 600.000 ekor/bulan. Untuk paket teknologi, kami telah melakukan perkawinan silang jenis ikan manfish. Untuk sosial ekonomi masyarakat, kami telah menyerap tenaga kerja, memberikan sumbangan, dan berkontribusi untuk pembangunan jalan, tutup Saidi. (olas)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar