Kamis, 14 November 2013

Mari Kita Jaga dan Perkokoh Bhineka Tunggal Ika



Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 14 Nopember 2013

Dengan mengucap basmallah, kegiatan silaturahmi komunitas ras/suku/etnis dalam rangka mewujudkan pembauran kebangsaan Tingkat Kota Depok secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota H. M Idris Abdul Shomad, Kamis (14/11) pagi. Kegiatan yang  terselenggara di Gd. Samina, Jln. Bahagia Raya Depok, mengusung tema “Dengan Silaturahmi Antar Komunitas Ras/Suku/Etnis, Kita Wujudkan Pembauran Kebangsaan di Kota Depok 2013”. Kepala Kantor Kesbangpol, Syafrizal mengatakan bahwa bangsa kita terdiri dari multi etnis yang berpotensi pada konflik. Untuk itu, kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk mempererat kebhinekaan.

“Tujuan lain, adalah untuk menjalin silaturahmi antar komunitas, mensosialisasikan forum kebangsaan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, mengkokohkan kesatuan, dan menciptakan kota Depok yang kondusif. Kegiatan ini diikuti oleh 180 peserta, yang terdiri dari tokoh masyarakat dan komunitas di Kota Depok. Kegiatan ini akan terus kami laksanakan dan ditingkatkan agar dapat menjaga kerukunan antar suku/ras/etnis, serta menjga stabilitas kemanan di kota Depok” lanjut Syafrizal.

Awali sambutan, Wakil Walikota menghaturkan terima kasih kepada Kantor Kesbangpol yang telah memprakarsai kegiatan ini. “Dalam kehidupan, ada 3 pemimpin yang berperan dalam pencerahan, yaitu (1) Pemimpin formal (Pemerintah), (2) Pemimpin Informas (Tokoh Agama), (3) Pemimpin Adat. Ketiga pemimpin tersebut telah mengantarkan masyarakat menuju kemajuan. Sinergi mereka menjadi tumpuan agar kita bisa menjadi maju” tutur Wakil Kota Depok.

Bangsa kita memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang harus dipertahankan, walau berbeda-beda tetapi tetap dalam satu wadah, yaitu bangsa Indonesia. Semboyan itu juga merupakan konsep dari wawasan nusantara yang berakar dari masa kepemimpinan terdahulu, yang harus kita teruskan cita-cita leluhur bangsa. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi momentum saling mengenal dan menjalin silaturahmi antar komunitas. Serap materi yang akan disampaikan oleh narasumber sebagai bekal pembentukan forum kebangsaan, yang nantinya dapat menjadi mitra pemerintah dan berpartisipasi dalam pembauran untuk menciptakan Depok yang kondusif, aman, dan nyaman” tutup Wakil Walikota. Dalam acara itu, akan dilakukan juga sosialisasi forum pembauran kebangsaan oleh Bakesbangpol dan renungan pembauran kebangsaan oleh mama Dedeh. (olas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar