Jumat, 15 November 2013

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XIV Tingkat Kota Depok Tahun 2013



Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Jum'at, 15 November 2013






Lantunan ayat Al-Quran yang indah dan khusuk mengawali mulainya acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XIV Tingkat Kota Depok Tahun 2013. Lagu Indonesia Raya juga dikumandangkan, menandakan pentingnya acara ini. Paduan suara membawakan Mars MTQ dengan semangat dan keceriaan. Pembukaan MTQ dilakukan di Lapangan Bola Jembatan Serong Rt. 06 Rw. 04 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung pada Jum'at(15/11).

Asisten Ekbangsos selaku ketua MTQ Kota Depok tahun 2013 Eka Bacthiar, MSi menyampaikan tujuan dilaksanakannya MTQ ini adalah meningkatkan syiar islam, motivasi dalam memperlajari, menghayati, dan mengamalkan Al-Qur'an, meningkatkan silaturahmi perserta,  dewan hakim,dan masyarakat, Sarana untuk mencari bibit-bibit juara yang akan mewakili Kota Depok ke Tingkat Provinsi, dan ketingkat yang lebih tinggi. MTQ akan berlangsung dari tanggal 13-17 November 2013, di Kelurahan Cipayung , Kecamatan Cipayung. MTQ tahun 2013 terdiri dari 462 Peserta, 60 Dewan Hakim, 77 Pembina, dan Ofisial, Pawai Taaruf  kurang lebih 4000 orang, inovasi dari khafilah dari kecamatan.
Beberapa bidang yang dilombakan:
Tilawah quran, tafsir, tahlil, menulis ilmah Al-Qur'an. Beliau berterimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam menyukseskan acara ini.

MTQ tahun 2013 mengusung Tema " Melalui MTQ XIV Tingkat Kota Depok Kita Tingkatkan Pemahaman Terhadap Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup dan Pembangunan Peradaban Manusia ".

Turut hadir dalam acara ini Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, beserta Ibu, Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA, Ketua DPRD Kota Depok, beserta anggota, Kepala Kemenag Kota Depok, Para Kepala OPD, Camat,  Lurah, se-Kota Depok, Para Dewan Hakim, Para Peserta MTQ, Tokoh Masyarakat, dan hadirin lainnya.

Kepala Kemenag Kota Depok dalam sambutannya mengatakan " MTQ merupakan kegiatan multidimensi. Sarana untuk mencari bibit-bibit juara yang akan mewakili Kota Depok ke Tingkat Provinsi, dan ketingkat yang lebih tinggi. Untuk sebagai upaya pengembangan Al-Quran. Pengingat bahwa Al-Quran adalah pedoman dalam menjalani hidup. Agar masyarakat dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan Al-Qur'an didalam kehidupan sehari -hari. MTQ merupakan bagian ibadah kepada Allah SWT bukan semata-mata menjadi juara, semoga melalui kegiatan ini kita semua memperoleh keberkahan dari Allah SWT, " tuturnya.

Sementara itu, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, dalam sambutannya mengatakan " mudah-mudahan MTQ ke 14 dapat berjalan dengan baik, semoga hasil perlombaan pada hari minggu tidak hanya melahirkan juara, tetapi semakin meningkatkan kecintaan kepada Al-Qur'an Nurkarim, semoga umat islam di Kota Depok dapat semakin memahami, menghayati, dan mengamalkan Al-Qur'an. Saya sangat berbahagia masih dapat berkesempatan membuka acara MTQ yang ke 14 ini. Melalui Melalui MTQ XIV Tingkat Kota Depok Kita Tingkatkan Pemahaman Terhadap Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup dan Pembangunan Peradaban Manusia ". Kita wujudkan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara, Kita wujudkan bangsa modern yang diikuti rasa silaturahmi. Al-Quran merupakan pedoman, bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan, yang menuntun hidup di dunia dan di akhirat. Mengajarkan keharmonisan, saling mengasihi, saling memberi maaf, dan tidak saling menyakiti. Al-Qur'an mengajarkan kita untuk berakhlak baik, memupuk karakter, moral bangsa yang luruh dan mulia, untuk dapat memperkoko persatuan dan kesatuan, dan kerukunan hidup. Dengan itu semua kita dapat mendukung berjalannya pembangunan. Jati diri dan generasi bangsa harus dipupuk dengan nilai-nilai Agama, dan kesopanan dan pengetahuan .
" Jika timbul permasalahan, maka hendaknya diselesaikan dengan cara-cara yang santun, serta penyampaian aspirasi yang dilaksanakan dengan tertib dan santun".

" Beliau juga apresiasi dengan kontribusi KPU Kota Depok dalam acara ini. Sekaligus sosialisasi dan mengajak masyarakat agar turut serta dalam Pileg 2014". Pemerintah Kota siap membantu dalam hal penyediaan SDM, Kelengkapan, dan bantuan dana , jika hal tersebut semua dilakukan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku, maka Pemerintah Kota senantiasa siap membantu. Semoga Pemilu Legislatif 2014 dapat berjalan lebih baik lagi, " tuturnya.

"Kepada para peserta selamat mengikuti MTQ ke -14 Tahun 2013. Semoga keikutsertaa kalian, tidak hanya upaya pencarian kejuaraan, tetapi dimaknai sebagai peningkatan kecintaan kepada Al-Qur'an, meningkatkan ukuwah Islamiah, dan pehamahama, penghayatan serta pengalaman Al-Qur'an ke dalam kehidupan sehari-hari. Mudah-mudah an para Dewan Hakim dapat memberikan penilaiannya secara Optimal, dan Obyektif, " tuturnya. Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dan pemukulan bedug MTQ ke-14 Tk. Kota Depok tahun 2014 secara resmi dibuka. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar