Senin, 27 Januari 2014

Musrenbang Harus Perhatikan Tiga Prinsip Pembangunan: Kebersamaan, Tahapan, Pembangunan Moral



Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Senin, 27 Januari 2014



Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan di Kota Depok terus dilaksanakan. Kecamatan Cilodong melaksanakan Musrenbang pada Senin, (27/1). Musyawarah ini dilakukan untuk menampung aspirasi dan masukan dari seluruh kelurahan se-Kecamatan Cilodong, demi pembangunan Kota Depok.
Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA secara resmi membuka Musrenbang Kecamatan Cilodong. Turut hadir Camat Cilodong, Lurah se- Kecamatan Cilodong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda,  dan hadirin lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA mengatakan “Musrenbang dilaksanakan sesuai dengan amanah undang-undang, juga sesuai dengan ajaran agama. Musyawarah adalah prinsip hidup yang sangat baik untuk menyelesaikan suatu masalah. Musyawarah juga baik dilakukan dalam merencanakan pembangunan, untuk Kota kita tercinta. 3 tahun usia saya melaksanakan tugas Wakil Walikota Depok, ditahun-tahun terakhir, mudah-mudahan kita semakin sabar, dan khusnul khotimah, “tuturnya.

Sambungnya, ”dalam Pembangunan, ada prinsip; yang harus kita kemukakan, Pertama, Pembangunan harus bersama-sama, yaitu bekerjasama dalam suasana kebersamaan. Pembangunan tidak ada yang dilakukan secara  sendiri-sendiri, pembangunan merupakan hasil bersama, sehingga sekecil apapun peran masyarakat, terkait dalam pembangunan cukup berarti. Beliau menganalogikan system pada jam dinding dalam upaya menunjukan waktu. Begitu juga pembangunan, seluruh system bekerjsama dalam mewujudkan pembangunan.
Kedua, Pembangunan  dilakukan secara bertahap, dan membutuhkan kesabaran. Dalam pencapaian pembangunan harus melalui berbagai tahapan. Dalam hal ini, setiap orang mempunyai pandangan berbeda tentang prioritas, dan melalui acara ini, dimusyawarahkan untuk menentukan prioritas pembangunan. Sesuai dengan Pancasila, Ketiga, Pembangunan juga dilakukan terhadap jiwa dan raga. Tidak  hanya pembangunan dalam hal sarana dan prasarana, tetapi pembangunan moral juga sangat diperlukan.

Beberapa pekerjaan rumah Pemkot Depok, masih ada yang harus diakselerasi, di antaranya ; Pembangunan Puskesmas, Pembangunan SMA di setiap Kecamatan, Pemberdayaan 5000 UMKM saat ini baru 70 %, Siswa Berprestasi insya Allah semuanya akan terselesaikan.
Pada Tahun 2013 Pemkot Depok telah berhasil meraih beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat. Perencanaan pada tahun 2015 diantaranya adalah  Gedung Pemuda dan Pramuka, Gedung Kesenian, Tuntas pembangunan Kelurahan dan Kecamatan, Pengadaan lahan gedung sekolah baru, pembangunan ruang kelas baru, 1:32 (1 kelas 32 murid), puskesmas 24 jam, pengadaan puskesmas baru, pembangunan sport centre, dll.
Semoga Musrenbang ini, dapat merencanakan ide-ide  pembangunan demi Kota Depok tercinta, dalam upaya mewujudkan Depok maju dan sejahtera. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar