Sabtu, 15 Maret 2014

Deklarasi Pemilu Damai Tingkat Kota Depok Tahun 2014

Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Jum'at, 14 Maret 2014



Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, Msc, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Dandim 0508, Kapolresta Depok, Ketua Panwaslu Kota Depok, Komisioner Kota Depok KPUD, Kejari, Pimpinan Partai Politik se-Kota Depok, Pimpinan Ormas, Pimpinan LSM Kota Depok, Jum'at (14/3) berkumpul di Graha Insancita untuk melakukan Delkarasi Pemilu Damai Tingkat Kota Depok tahun 2014.Deklarasi ini merupakan pernyataan dan komitment pihak- pihak terkait diatas, sebagai upaya meningkatkan keamanan dan Ketertiban pada pelaksanaan pemilu tahun 2014."Menuju pemilu Indonesia 2014 yang lebih baik, aman, tertib dan sukses tanpa ekses".

Kepala Kesbangpol  Kota Depok Syafrizal, SH mengatakan" maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai upaya penyamaan persepsi semua pihak yang terkait demi terciptanya kondusifitas, keamanan. Agar pesta demokrasi yang lebih baik, aman, tertib, jujur, sukses dan tanpa ekses.Juga untuk mempererat tali silaturahmi di antara pihak penyelenggara pemilu, penjaga keamanan.Peserta deklarasi terdiri dari 200 orang terdiri dari: polres, kodim, kejaksaan, imigrasi, Panwaslu, KPUD, pimpinan parpol se- Kota Depok, Ketua ormas, dan lsm," tuturnya.

Beliau juga mengucapkan terimakasih atas seluruh pihak yang hadir dalam acara ini.

Sementara itu, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il dalam sambutannya mengatakan, kita disini semua hadir untuk " bertekad melakukan pemilu yang damai pada 9 April dan 9 Juli yg akan datang. Deklarasi ini kami lakukan agar pelaksanaan pemilu 2014 di Kota Depok berjalan dengan aman, damai, tertib, sukses dan tanpa ekses.Semua tahapan-tahapan telah selesai dilakukan. Tanggal 12 Maret akan dilakukan pawai pertama, 16 Maret akan dimulai berjalannya kampanye terbuka. Mudah-mudahan proses-proses tersebut dapat berjalan dengan baik dan aman", tuturnya.

Setelah itu, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, Msc, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Dandim 0508, Kapolresta Depok, Ketua Panwaslu Kota Depok, Komisioner Kota Depok KPUD, Kejari, Pimpinan Partai Politik se-Kota Depok, Pimpinan Ormas, Pimpinan LSM Kota Depok, bergegas ke lantai 2 Gedung untuk melakukan Teleconference dengan Muspida Jawa Barat, Kapolda Jabar, Panwaslu Jabar dan KPU Jabar.Teleconference juga diikuti secara bergantian, oleh Kabupaten/ Kota se- Jawa Barat.

Pada teleconference tersebut,  Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, Msc, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Dandim 0508, Kapolresta Depok, Ketua Panwaslu Kota Depok, Komisioner Kota Depok KPUD, Kejari, Pimpinan Partai Politik se-Kota Depok, Pimpinan Ormas, Pimpinan LSM Kota Depok menyimak arahan/ himabauan Kapolda Jawa Barat yaitu :" Seluruh pasukan yang melakukan pengamanan pemilu telah disiapkan. Baik pengamanan terbuka dan tertutup. Pelaksanaan pemilu, pengamanan dilakukan oleh Polri dan TNI, namun seluruh masyarakat wajib menjaga ketertiban, dan keamanan, jangan mudah terpancing oleh oknum yang berniat yang memprovoskasi.Oprasi Mantabrata akan dilaksanakan oleh Polri. Sebaiknya manfaatkan seluruh personil  yang ada termasuk Polwan. Seluruh panitia penyelenggara , dan pihak yang terlibat agar selalu berhati-hati. Saat pawai dan kampanye. Tetap mematuhi peraturan yang berlaku, dan cek kondisi kendaraanyang akan digunakan untuk Pawai dan kampanye. Pada saatnya nanti baliho-baloho  harus dibersihkan baik oleh satpol pp atau parpol terkait, " tuturnya.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, dalam teleconference menyampaikan kesiapan Pemkota Depok dalam penyelenggaraan pemilu 2014. "Pemerintah Kota Depok, bersama KPUD, Panwaslu, Muspida, Instansi Vertikal, Pimpinan Parpol, dan LSM Pimpinan DPRD, telah melakukan tahapan-tahan penyelenggaraan persiapan pemilu dengan matang. Kami juga melakukan Deklarasi pemilu damai, pernyataan bersama sebagai upaya menciptakan pemilu damai, aman, tertib, nyaman, sukses, jujur dan tanpa ekses. Sosialisasi terus dilakukan ke lingkungan masyarakat.

Kapolresta Depok mengatakan " Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait, agar melakukan persiapan pengamanan pemilu dengan matang. Semoga Pemilu 2014 berjalan dengan damai, aman, lancar.Polisi yang ada di Kota Depok siap melaksanakan oprasi Mantabrata selama 224 hari, 1104 personel, 4012 TPS, latihan prapemilu, latihan oprasi telah kami lakukan, "tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0508 Depok, menyatakan, siap mendukung penyelenggaraan pemilu di Kota Depok, kami juga terus berkoordinasi dengan kepolisian, dan semua pihak terkait. Semua pasukan kami siapkan sesuai prosedur, semoga Pemilu 2014, dapat berjalan aman dan lancar, "tuturnya.

KPU Kota Depok:"Kami juga menjalankan tupoksi sebagai penyelenggara teknis, bersama Panwaslu. Berkoordinasi dengan pihak -pihak lain yang terkait. Semoga pemilu di Kota Depok berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku, "tuturnya.Seluruh peserta Deklarasi juga mendengarkan paparan, oleg KPUD Jabar. Dilanjutkan dengan dialog Walikota, Muspida, KPU, dan Panwaslu Depok. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar