Jumat, 21 Desember 2012

Perhatikan Kondisi Tanah dan Perkuat Bangunan


Humas Setda Kota Depok



Press Release
Jum’at, 21 Desember 2012

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il menyambangi Komplek Hankam RT 04 RW 07 Palsi Gunung, Cimanggis, untuk memantau kondisi korban dan lingkuan akibat tanah longsor, Jum’at (21/12). Sepanjang petang, hujan deras mengguyur Kota Depok sehingga menimbulkan tanah longor dan merusak sejumlah rumah penduduk. “Longsor terjadi di daerah aliran Sungai Ciliwung sekitar pukul 16.00 WIB. Angin kencang, pohon tumbang, lalu longsor menimpa rumah warga" kata Koordinator Pengendalian Taruna Siaga Bencana Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok, Romdhony. Musibah tersebut, menyebabkan tiga rumah rusak berat, dua rumah rusak sedang, dan sejumlah kendaraan roda dua tertimpa longsor. Ada pula satu warga yang luka karena tertimpa puing rumah, tambahnya.

Walikota menggatakan, bangunan rumah yang longsor terletak diatas tebing, sementara tebingnya sangat curam, dengan ketinggian antara 10 – 15 meter. Sebenarnya sudah disiapkan 3 trap untuk turapnya, namun tidak semuanya ada dan posisinya lemah, sehingga runtuh dimusim penghujun seperti ini. “Seluruh rumah yang ada diatas tebing harus dipasang turap yang baik” tutur Walikota menyarankan.

“Rumah yang longsor ini jauh dari daerah aliran sungai, karena posisinya adalah dikawasan perbukitan. Memang dekat sungai, tapi berjarak sekitar 100 meter lebih dari sungai ciliwung. Semestinya, disana ada turap yang kokoh agar tidak longsor, karena dimusim penghujan ini, kondisi turap yang tidak kuat akan semakin lemah, tanah pun menjadi longgar dan gembur akibat huja deras, sehingga mudah longsor” papar Walikota sekaligus menghimbau warga agar memperhatikan kondisi kekuatan tanah dan bangunan, kalau kurang kuat lebih baik segera lakukan penguatan.  

“Kini, korban yang rumahnya rusak tinggal dirumah keluarga dekatnya. Sedangkan untuk satu korban luka akibat tertimpa puing/ tanah, akan dikirimkan tim dokter untuk memeriksa kondisinya. Alhamdulillah, kini sang korban terlihat ceria, dan semoga tetap dan selalu ceria sehingga cepat sembuh” tutur Walikota menambahkan, Tim Gegana Kota Depok juga sudah turun untuk memberikan bantuan. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar