Kamis, 27 Desember 2012

Inspektorat Daerah Sebagai Daya Tahan, Cerminan Awal, dan Pengingat Kita

Humas Setda Kota Depok
Press Release
Kamis, 27 Desember 2012

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma'il hadiri Ekspose Hasil Pengawasan Th 2012 di Aula Bappeda, Kamis (27/12). Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Depok Hj Elin Siti Fatimah menginformasikan, acara ini bertujuan untuk memberikan informasi atas hasil-hasil pengawasan yang telah dilakukan Inspektorat Daerah, serta sejauhmana tindak lanjut yang dilakukan atas hasil temuan pengawasan tersebut. Pengawasan dilakukan terhadap 39 OPD pada bulan Februari hingga November 2012. Faktor-faktor yang termasuk dalam pengawasan adalah tentang tugas pokok dan fungsi, keuangan, SDM, sarana prasarana, dan metode kerja.  

Walikota meminta jangan menjadikan Inspektorat Daerah sebagai sesuatu yang menakutkan, tetapi jadikan sebagai daya tahan kita, jadikan keberadaan Inspektorat Daerah sebagai cerminan awal yang bisa mengingatkan kita, sebelum kita masuk dalam kesalahan secara hukum. "Jadikan Inspektorat sebagai tempat belajar bersama-sama, seperti halnya KPK, yang juga ditujukan untuk pembelajaran bagi kita, karena selebihnya adalah pembinaan" tutur Walikota menekankan, jangan menyikapi Inspektorat sebagai ladang negosiasi, karena akan rugi dan menjadi masalah, jadikan sebagai tempat belajar untuk penyempurnaan diri menjadi lebih baik. 

Walikota juga berharap untuk bisa mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Jangan jadikan WTP sebagai kebanggaan yang menganggap bahwa kita kita sudah sempurna. Jadikan sebagai pemicu untuk lebih semangat agar kita bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerja kita. "Ayo bersama-sama tingkatkan sisa-sisa energi kita, ditengah-tengah kondisi kita yang masih kekurangan orang, untuk bertekad melanjutkan kinerja yang lebih baik" ajak Walikota yang juga mengajak bersyukur atas prestasi dan penghargaan yang telah diraih. 

Dalam kesempatan itu, Walikota juga menghimbau kepada para Kepala OPD, Camat, dan Lurah untuk berkomitmen dan mengimplementasikan program-program andalan Kota Depok. Tak hanya itu, Pemimpin Kota Belimbing juga meminta untuk mengawasi dan mengimplementasikan Perda tentang 7 kawasan dilarang dirarang merokok ditempat umum. "Baiknya Pemkot dari kita sendiri, semua ini merupakan refleksi dari diri kita, ayo kita perbaiki diri kita" 
ajak Walikota yang juga mengajak semua aparatur harus melakukan pendisiplinan. Hayati tupoksi dan betapa besarnya harapan warga kepada kita, segera perbaiki segala kekurangan dan bersiaplah untuk membentuk unit pengendalian gratifikasi di tahun 2013. Semoga kita dapat mengakhiri tahun ini dengan baik dan mengawali tahun 2013 dengan prestasi yang gemilang, tutup Walikota. (Ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar