Selasa, 18 Desember 2012

Pemkot Depok menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya Nasional dari Presiden RI


Selasa, 18 Desember 2012 
Pemerintah Kota Depok menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya Nasional dari Presiden RI yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam acara puncak Peringatan Hari Ibu ke-84 Tahun 2012 yang dipusatkan di UKM Convention Hall Jakarta.
Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan pada kementerian/lembaga serta pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang  dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) di berbagai sektor pembangunan. 
Terdapat tiga kategori dalam APE, yang tertinggi kategori utama, disusul madya dan pratama. Penilaiannya berdasarkan penerapan strategi pengarusutamaan gender, pencapaian dan inovasi di dalam perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, serta upaya untuk memenuhi hak anak.
Sejumlah program yang telah diluncurkan Pemerintah Kota Depok dinilai banyak memihak pada perempuan dan anak, diantaranya : Pelatihan bagi perempuan dengan tujuan agar kaum perempuan dapat mandiri secara ekonomi sehingga akan mampu menumbuhkan UKM-UKM baru. Pelaksanaan Program P2WKSS, Depok Kota Layak Anak yang dimulai dari pengembangan RW Layak Anak. Program Gerakan One Day No Car dan gerakan One Day No Rice merupakan program inovatif Kota Depok yang sangat berpihak terhadap perempuan dan anak. 
Selain itu, Kota Depok juga sangat fokus terhadap perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan, melalui pendirian Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), lembaga tersebut sangat concern dalam melaksanakan pencegahan, rehabilitasi, pendampingan serta pemberdayaan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan. 
Pada Tahun 2012 Presiden RI memberikan penghargaan tersebut kepada 12 kementerian/lembaga, 21 pemerintah provinsi, dan 42 pemerintah kabupaten/kota.
Dalam evaluasi pelaksanaan Program Pembangunan Bidang PUG, PP dan PA yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Tim Independent, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajukan 5 (lima) kabupaten/kota, yaitu Kota Depok, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.  Hasil akhir dari evaluasi tersebut adalah sebagai berikut:
1.     Pemerintah Provinsi Jawa Barat  : Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya
2.     Kota Depok                             : Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya
3.     Kabupaten Bogor                     : Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya
4.     Kabupaten Cianjur                   : Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya
5.     Kota Bandung                         : Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama
6.     Kabupaten Sukabumi               : Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama

Dalam mewujudkan Kota Depok yang Maju dan Sejahtera, pada Tahun 2012 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok sebesar 79,49, merupakan IPM tertinggi di Jawa Barat dan urutan ke-3 di tingkat nasional.  Sedangkan untuk Indeks Pembangunan Gender (IPG) Tahun 2011 sebesar 71,94 urutan ke-28 tingkat nasional dan untuk Indeks Pemberdayaan Gender (IPG) Tahun 2011 sebesar 77,29 rutan ke-7 di tingkat nasional. Berdasarkan data-data tersebut diatas, masih terdapat kesenjangan gender dalam setiap bidang pembangunan di Kota Depok. (cko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar