Kamis, 13 Desember 2012

Sarasehan Dakwah dan Sosialisasi 10 Kriteria Aliran Sesat - Revitalisasi Aktivitas Dakwah


Press Releas
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 13 Desember 2012


Dakwah merupakan nasehat untuk umat pada umumnya adalah mengajak kepada kebaikan, mengajarkan agama, mengadvokasi dan membimbing untuk taat kepada Allah SWT. Oleh karena itu Dakwah harus sesuai dengan tata cara dan sesuai dengan ajaran agama islam yang benar dan berlandaskan pada Al-Quran dan hadist.
Kamis, (13/12)  Sarasehan Dakwah dan Sosialisasi 10 Kriteria Aliran Sesat- Revitalisasi Dakwah diselenggarakan di Gedung MUI Kota Depok. Wakil Walikota Depok KH. M Idris Abdul Somad, MA  dan KH. Dimiyati Badrruzaman hadir sebagai narasumber. Turut hadir perwakilan Kementerian agama Kota Depok, dan peserta perwakilan Maj`lis Ta`lim Kota Depok, Perwakilan MUI se-Kota Depok.

Pada kesempatan ini DR.KH.Ahmad Dimyathi Badruzzaman, MA mensosialisasikan 10 Kriteria (Ciri-Ciri) Aliran Sesat, yaitu:
1.       Mengingkari Rukun Iman dan Rukun Islam
2.       Meyakini dan Atau Mengikuti Aqidah yang tidak sesuai dalil syar`I (Al-Qur`an dan Hadis)
3.       Meyakini Masih Turun Wahyu Setelah ALQur`an
4.       Mengingkari Otentisitas dan atau kebenaran isi AlQur`an
5.       Mengingkari Hadis Sebagai Ajaran Islam
6.       Melecehkan Para Nabi dan Rasul
7.       Mengkafirkan Sesama muslim tanpa dalil Syar`i
8.       Mengubah Pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syari`at
9.       Mengingkari Nabi Muhammad SAW Sebagai Nabi Terakhir
10.Melakukan Penafsiran Al-Qur`an yang Tidak Sesuai Dengan Kaidah Tafsir
Diharapkan setelah disosialisasikannya 10 Kriteria tersebut masyarakat atau Para Pendakwah di Kota Depok mampu memilah, dan mencerna sebuah ajaran. Sehingga aliran-aliran sesat yang menyalahi aturan agama islam lama kelamaan akan menjadi sempit dalam penyebarannya.

Sementara itu KH. M Idris Abdul Somad, MA mengisi sarasehan ini dengan membagikan sebuah buku kecil berjudul “Lingkungan Hidup Dalam Konsepsi Islami”. Didalam buku ini dituliskan bahwa melalui  menjaga lingkungan bersih dari sampah kita dapat memperoleh pahala, Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Allah SWT dan Islam sangat mencintai kebersihan dan Keindahan. Zinah bukan hanya dilarang tetapi sebagai umat kita juga harus menjauhinya. Teks-teks suci tentang memelihara kehidupan, yang dimaksud disini adalah aturan-aturan, kata-kata bijak dari ajaran nabi Muhammad SAW dan Hadist dan ayat Al-Quran mengajarkan kepada manusia agar senantiasa menjaga lingkungan hidup. Jika kita menjaga kelestarian alam dan menjaga lingkungan maka, lingkungan akan balik mencintai dan menjaga manusia. Tetapi jika tidak maka yang terjadi adalah sebaliknya, timbulah bencana seperti banjir bandang, dll.
Kesimpulan dari hal-hal yang disampaikan oleh 2 Nara sumber adalah: Bagaimanapun, dan sekeras apapun aliran sesat berusaha merusak ajaran-ajaran agama islam, tetapi dengan berpegang teguh kepada AL-Qur`an dan Hadis , maka suatu umat tidak akan terpengaruh olehnya.   (Wg)

Kepala Bagian
Humas dan Protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005



Tidak ada komentar:

Posting Komentar