Kamis, 06 Desember 2012

Sarasehan Tokoh Lintas Agama, Untuk Wujudkan Keharmonisan & Kerukunan


Humas Setda Kota Depok
Press Release
Kamis, 6 Desember 2012

Wakil Walikota M Idris Abdul Shomad membuka Aula gedung Cakra Buana, jl. Raya Sawangan, dengan mengucap basmalah. Sarasehan yang dimotori oleh Kantor kesatuan bangsa, politik dan perlindungan masyarakat (Kesbangpol Linmas) ini, mengusung tema “Keharmonisan kehidupan umat beragama untuk terwujudnya kerukunan sosial di masyarakat Kota Depok”, dengan menghadirkan narasumber Pimpinan Pondok Pesantren Al Hamidiyah dan Kantor Kementrian Agama Kota Depok. Acara yang berlangsung satu hari ini, diikuti oleh berbagai lembaga keagamaan lintas agama.

Kepala Kesbangpol Linmas M Fitriawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi situasi dan kondisi keberagamaan di Kota Depok, serta antisipasi terhadap keharmonisan dan kerukunan umat beragama. “Kegiatan ini juga sebagai media untuk mendapatkan masukan-masukan yang konstruktif dari peserta dalam pengembangan kehidupan beragama yang lebih baik dan selaras dengan tujuan pembangunan” jelas Fitriawan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota sempat menjelaskan tentang pluralisme agama danmengatakan pluralisme ini merupakan ujian bagi umat yang dewasa. “Keinginan bersama untuk tetap menghargai perbedaan dan memahaminya sebagai realitas kehidupan, dapat menjadi potensi kesadaran pluralisme” tutur Wakil Walikota menambhakan, memang tidak bisa dipungkiri dengan adanya kemajemukan dalam berbagai hal tersebut merupakan masalah yang rawan dan sering memicu ketegangan atau konflik antar kelompok termasuk masalah agama. Wakil Walikota menginformasikan bahwa di tahun 2011 tidak terjadi konflik antar umat di Kota Depok. Itu berarti, warga Depok bisa hidup dalam kebersamaan, sekalipun terdapat perberbedaan.

Wakil Walikota mengajak masing-masing pimpinan agama sepakat untuk menjaga dan mengendalikan diri dan melaksanakan pembinaan kepada umatnya, sehingga tercipta kerukunan dan kedamaian. “Beragama tidak dilakukan secara emosilan, tetapi dijalankan secara rasional dengan pemahaman yang matang, dengan begitu, kondusi masyarakat yang damai, tenang, dan kondusif akan tercipta” tutur Wakil Walikota sekaligus mengajak seluruh elemen, khususnya tokoh-tokoh agama untuk turut andil menciptakan kerukunan, keharmoniasan, dan keamanan di Kota Depok.

Diakhir pembukaan sarasehan, Wakil Walikota mengingatkan bahwa penyelenggaraan pemilihan Gubernur/ Wakil Gubernur Jawa Barat akan dilaksanakan sebentar lag, untuk itu, para tokoh diharapkan dapat memotivasi umat/ warga untuk menggunakan hak pilihnya pada 24 Februari 2013 mendatang. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar