Rabu, 05 Desember 2012

Walikota Membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan dan Minat Baca Masyarakat



Press Releas
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Senin, 3 Desember 2012
Walikota Membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan dan Minat Baca Masyarakat
Walikota Depok H.Nur Mahmudi Isma`il, Senin(3/12) membuka Bintek Pengelolaan Perpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Hijau, Cimanggis ini, dihadiri pula oleh Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok Azwar Darmansyah, juga  Para Peserta dari Perwakilan Kelurahan se-Kota Depok, Perwakilan Taman Bacaan Masyarakat, dan PKBM di Kota Depok. Bintek yang berlangsung selama 3 hari ini (3-5 Desember) diharapkan dapat memberikan Pengetahuan tentang bagaimana Mengelola Perpustakaan agar mampu meningkatkan minat baca masyarakat.
Latar belakang bintek ini untuk memaksimalkan fungsi perpustakaan yaitu: untuk pendidikan, penelitian, rekreasi, dan informasi. Perpustakaan juga mempunyai kewajiban membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat yang dilayaninya(pemustaka), dalam hal ini disekolah adalah siswa dan lingkungan sekolah. Dalam rangka melaksanakan fungsi tersebut perpustakaan harus memiliki koleksi yang baik dan memadai. Para peserta dibekali pengetahuan mengelola perpustakaan; dari menambah koleksi perpustakaan, langkah-langkah pengembangan koleksi perpustakaan, pengelolaan bahan perpustakaan, mengklasifikasikan, penyimpanan dan pelestarian bahan perpustakaan, dst.
Dalam sambutannya Walikota berharap melalui bintek ini para peserta memperoleh pengetahuan tentang bagaimana mengelola perpustakaan dan mampu mengimplemtasikannya sehingga mampu meningkatkan minat baca masyarakat. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Perkembangan dan Pertukaran Informasi sangat dibutuhkan untuk membuat masyarakat menjadi hidup dan lebih maju. Informasi yang berkembang, penemuan ilmiah harus dibuat menjadi sebuah dokumen agar diakui oleh masyarakat dan dapat dilihat/dipelajari oleh masyarakat dari waktu ke waktu. Para peserta juga harus mengetahui fungsi utama perpustakaan  dan pernanan mereka sebagai Pengelola Perpustakaan, “tandasnya.
Sambung Walikota, Kepala Kantor Arsip diharapkan mampu menampung pengalaman, dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Budaya membaca dan karakter gemar membaca anak-anak/masyarakat harus dibentuk sejak dini, baik disekolah atau oleh orangtua di rumah.  Seorang guru juga harus mampu membuat anak muridnya mencari sebuah buku diperpustakaan karena rasa tertarik atau keingintahuannya dari cerita sang Guru yang menginspirasi atau menimbulkan ketertarikan bagi si anak. Begitu juga Para orangtua harus dapat menerapkan management waktu dengan menetapkan jam belajar pada anak. Eksistensi Perpustakaan akan dilihat, diminati dan didatangi oleh masyarakat apabila perpustakaan tersebut nyaman, menerapkan self service dalam penempatan buku, dan mamiliki koleksi yang menarik juga up to date, “tuturnya.
Walikota juga berkeinginan DKM Balikota Depok memiliki Perpustakaan khusus sehingga nantinya dapat menjadi media silaturahmi dan menambah pengetahuan agama Islam. Diakhir sambutan, Beliau membacakan sebuah hadist yang berbunyi: “Barang siapa yang menunjukan sebuah buku terhadap seseorang dan seseorang tersebut  berubah perilaku karena buku itu maka, orang yang menunjukan nilainya lebih besar dari dunia dan isinya”. “ tutup Nur Mahmudi.
Unit kerja perpustakaan dimanapun berada dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sebelum dilayankan harus menempuh tahapan pengolahan koleksinya berdasarkan sistem yang telah distandarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan yang representative dikelola dan diberdayakaN melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi secara periodic dan berkesinambungan. Pegelolaan  bahan perpustakaan merupakan fungsi teknis, dengan demikian pengelola teknis harus memahami teknis pengelolaan perpustakaan secara baik dan berkesinambungan.(WG)
Kepala Bagian
Humas dan Protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar