Jumat, 08 Februari 2013

Aksi Bersih Adipura Untuk Wujudkan Depok Bersih dan Hijau


Press Release
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Jum`at, 8 Februari 2013


Jum`at Pagi (8/2) Anak-Anak sekolah Tingkat SD, SMP dan SMA, TNI, Masyarakat, PKK dan Aparatur Pemerintah berkumpul di lapangan RRI, Cimanggis Depok untuk melakukan aksi bersih adipura bersama Walikota. Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il terlihat sangat hangat menyapa adik-adik siswa tersebut untuk memberikan semangat sebelum melakukan aksi bersih adipura.



Sebelum aksi bersih dimulai, dilakukan apel terlebih dahulu,  juga diberikan alat-alat kebersihan dari Walikota secara simbolis, serta dilakukan arahan prmbagian-titik titik yang akan dibersihkan. Turut hadir dalam acara ini Wakil Walikota Depok KH.Idris Abdul Somad, Para Kepala OPD, Dandim 0508 Zamroni, Siswa SD, SMP dan SMA perwakilan se-Kota Deok, TNI, PKK, Masyarakat.

Dalam sambutannya Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il mengatakan” sesuai dengan amanah tahun 2013, kita harus bersungguh-sungguh melaksanakan aksi bersih demi wujudkan Depok bersih dan Hijau, hal itu tertuang dalam Perda Kota Depok. Berbagai kegiatan telah dilakukan, program-program seperti Depok memilah, mengolah dan menanam disosialisasikan dan dilaksanakan di lingkungan masyarakat. Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat harus terus dilakukan kepada masyarakat, karena jika lingkungan bersih dan sehat manfaatnya akan dirasakan sendiri oleh masyarakat !”tuturnya.
Sambung Beliau “Ini bukan titik awal dari perencanaan peroleh piala adipura, tetapi merupakan rangkaian dari berbagai upaya yang telah dilakukan untuk merealisasikan program penghijauan dan kebersihan di wilayah Kota Depok. Penilaian pertama dari Kementerian Lingkungan Hidup masih terdapat daerah yang kurang bersih di Kota Depok, oleh karena itu dilakukan konsentrasi pembersihan di lingkungan yang nilainya masih diaggap kurang bersih, sementara itu di lingkungan yang sudah bersih akan dilakukan peningkatan lagi dan mempertahankan kebersihan yang sudah tercipta. Hal ini merupakan Koreksi dari penilaian tahap pertama, “jelasnya.

Wilayah air yang terbuka: wilayah sungai, sementara itu di tingkat lingkungan aksi memilah dan mengolah masih kurang terealisasi dengan baik, dan harus terus ditingkatkan agar meminimalisasi sampah. Dilingkup pasar dan stasiun kebersihan masih menjadi nomer satu, agar indah, sehat dan nyaman, di kantor-kantor, dan dijalan-jalan utama, masih perlu dilakukan penambahan penanaman pohon. Kita harus melihat Respon dari masyarakat untuk bersungguh-sungguh melaksanakan gerakan memilah, mengolah, dan tidak membakar sampah. Depok tidak mempunyai masalah kelancaran sungai, namun  pembinaan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan ke saluran drainase terus dilakukan. Pemerintah Kota juga menghimbau agar menangkap orang yang membuang sampah ke sungai, “tuturnya.

Walikota, Wakil Walikota, Dandim, Para  Kepala OPD, dan masyarakat  bersama-sama melakukan penanaman pohon dan membersihkan jalan, serta pinggir kali sesuai dengan titik-titik yang telah ditentukan pada saat pembagian.
Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il terlihat melakukan penanaman pohon di Jalan Raya Bogor Cimanggis, Beliau juga meninjau pembersihan sungai di jalan tersebut, bahkan mengawasi truk-truk sampai selesai mengangkut sampah-sampah yang dihasilkan dari aksi pembersihan tersebut. (wg)

Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005




Tidak ada komentar:

Posting Komentar