Minggu, 24 Februari 2013

Pembentukan Polisi Siswa Dalam Rangka Mewujudkan Depok Tertib dan Unggul


Press Releas
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Jum'at, 22 Februari 2013



Polres Kota Depok membentuk program Polisi Siswa bagi siswa SMA di Kota Depok. Polisi Siswa merupakan program pelatihan yang dilakukan langsung oleh aparat penegak hukum kepada siswa SMA, bertujuan agar anak didik tersebut memperoleh bekal keahlian dan pengetahuan demi mewujudkan ketertiban dan keamanan dilingkungan masing-masing. Jum'at, (22/2) Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il hadir dalam penandatanganan MoU ini, antara Polres Kota Depok dengan Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan Kota Depok. Turut hadir dalam acara ini Kapolres Kota Depok Kombes Pol Achmad Kartiko, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Sutadi Dipowongso, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Hery Pansila, Perwakilan Siswa SMA se-Kota Depok, Para Tenaga Pendidik, dll.

Kapolres Kota Depok Kombes Pol Achmad Kartiko mengatakan "Polisi Pendidikan merupakan bentuk kepedulian kepolisian terhadap dunia pendidikan.
Diharapkan dengan dibentuknya Polisi Siswa dapat dijadikan sebagai Forum Komunikasi Antar Pelajar dan menjadikan Pelajar Kota Depok lebih berkarakter berprestasi serta sadar hukum.

Kapolres mengatakan" Dalam pelatihan ini, nantinya anak-anak didik akan dibekali kemampuan dan pengetahuan oleh aparatur penegak hukum. Diharapkan, Jika para siswa sudah mempunyai pengetahuan dan sadar hukum, mereka akan menghindari terjadinya tawuran dan sigap melaporkan kemungkinan-kemungkinan terjadinya tindak kejahatan atau potensi terorisme. Sebagai anak remaja, polisi siswa akan menularkan hal-hal baik, dan melarang temannya melakukan tindakan yang melanggar hukum, "pungkas Beliau.

"Meskipun mengikuti pelatihan polisi siswa, para siswa hendaknya tetap memusatkan perhatian kepada pelajaran, dan terus meningkatkan prestasi demi membanggakan orangtua dan sekolah. Tetaplah menjadi pelajar yang berkarakter berprestasi dan sadar hukum, "tutupnya.

Sementara itu, pada kesempatan ini Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, mengucapkan selamat kepada adik-adik yang terpilih sebagai polisi siswa. " Pelatihan ini merupakan peluang yang baik dalam rangka pembentukan karakter siswa sma, karena masa sma adalah masa pencarian jati diri, dan pembentukan karakter.

Beliau berharap setelah mendapatkan pelatihan, para siswa mempunyai kapasitas dan kepedulian terhadap lingkungannya, terutama dalam menjaga ketertiban dan keamanan. Setelah mengikuti pelatihan para siswa diharapkan mampu melakukan management waktu dalam kehidupan sehari-hari, terutama membagi waktu untuk belajar dan bermain. Kegiatan pelatihan ini berbeda dengan pramuka, mungkin polisi siswa sejenis dengan kegiatan dokter kecil, dan polisi kecil, tetapi keistimewaannya adalah, para peserta pelatihan polisi siswa dilatih langsung oleh para aparatur keamanan dari Polres Kota Depok, " pungkasnya. Walikota berpesan agar para siswa harus tetap mengutamakan belajar, dan meningkatkan prestasi.

Sambung Nur Mahmudi, " selaras dengan 4 program unggulan Kota Depok: Tertib dan Unggul, Bersih dan Hijau, Kota layak anak, dan Depok cyber city. Terkait dengan point ke 4, Depok
Cyber city sangat sesuai dengan kehidupan generasi muda saat ini, yaitu serba IT. Kota Depok telah memiliki fasilitas untuk pembayaran PBB secara online, agar menghemat ongkos. Cyber City di Kota Depok juga bertujuan memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi antar dinas di Kota Depok, "jelasnya.

Beliau juga berpesan agar anak-anak mampu bersaing dan mensuplai informasi yang membangun dan mendidik, sehingga membuat ketertarikan antar siswa dalam belajar bersama. ."Anak-anak remaja harus lah pintar-pintar memfiltrasi atau memilih informasi, hendaknya teknologi yang sudah menglobal dijadikan media belajar dan kegiatan positif lainnya", seru Beliau.

Kota Depok dipersiapkan untuk sistem dan mekanismenya yang baik untuk tumbuh kembang anak, agar anak-anak Kota Depok mampu berkontribusi untuk membangun bangsa. Salah satu bentuknya, muatan pelajaran lingkungan hidup, telah diberlakukan di sekolah. Polisi siswa juga tepat dalam mendukung Depok kota tertib dan unggul, anak-anak/ siswa dapat melaporkan hal-hal yang menyimpang hukum, atau potensi terorisme, dan kdrt dilingkungan masing-masing.
Acara diakhiri dengan penyematan tanda pelatihan kepada peserta oleh Kapolres Kota Depok. (Wg)


Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005



Tidak ada komentar:

Posting Komentar