Kamis, 28 Februari 2013

Walikota hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus blesukan ke Pasar Tugu Cimanggis Pal


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 28 Februari 2013



 Kamis (28/2) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pasar Tugu Cimanggis Pal berlangsung hikmat dan penuh rasa persaudaraan. Kehadiran Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il membawa semangat tersendiri bagi para hadirin. Beliau hadir untuk bersama-sama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW serta bersilaturahmi dengan para pelaku pasar Pal ini. Turut hadir pula, Camat Cimanggis Usman Heliyana, Lurah Tugu Suryana Yusuf, para Ibu-Ibu Majlis Ta`lim, Bagian Ekonomi Setda, Disperindang, Pewakilan Dinas UMKM Pasar dan Koperasi dan hadiri lainnnya.

 Acara Peringatan Maulid Nabi ini, menjadi agenda rutin tahunan, yang sudah berjalan selama 4 tahun berturut-turut di Pasar Tugu Cimanggis Pal Depok. Melalui Peringatan Maulid yang dilakukan di aula lantai 2 Pasar Pal ini bertujuan agar pasar tradisional tidak hanya sebagai tempat berdagang tetapi tetapi sebagai tempat pembinaan. Baik pembinaan rohani maupun pembinaan teknis. Juga untuk meningkatkan silaturahmi dan kepedulian sesama dari para pelaku pasar, dan Pemerintah kepada masyarakat. Salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat, diberikannya santunan berupa sembako dan beasiswa untuk masyarakat yang tidak mampu, "ujar Nelson Dasilva Gomes, S.STP,M.Si selaku Kepala UPT Pasar Tugu Cimanggis Pal Depok.
Pembinaan dari Dinas Koperasi UMKM dan Pasar melalui UPT setiap harinya terus dilakukan, seperti : para pelaku pasar harus melakukan penataan tempat agar rapi dan menarik, dan selalu menjaga kebersihan, serta keamanan. Hal ini dimaksudkan agar pasar tradisional tidak kalah bersaing dengan mal serta supermaket didaerah sekitarnya, masyarakat pun tidak enggan untuk berkunjung dan berbelanja, " tutur Nelson.
Untuk pembinaan secara rohani, bahkan UPT Pasar Tugu Cimanggis Pal Depok, menyediakan Musholla dan Majlis Ta'lim Al -Khairiyah, serta pengajian yang rutin dilaksanakan setiap hari selasa, yang anggotanya merupakan pelaku pasar ini sendiri. Sesuai dengan Tema yang diusung pada acara ini yaitu " melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW marilah Kita tingkatkan semangat kebersamaan dan persaudaraan, " pungkas Nelson.


Camat dan Lurah pada kesempatan ini dalam sambutannya mengajak para hadirin agar mendukung 4 program unggulan Kota Depok: Depok tertib dan Unggul, bersih dan hijau, Kota Layak Anak, dan Depok Cyber City. Para hadirin diajak agar  melek teknologi, agar para hadirin menjadi agen perubahan agar mengajak warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, melakukan aksi memilah dan menanam guna mewujudkan Depok meraih Adipura.

Sementara itu, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, dalam sambutannya mengatakan " keharmonisan keluarga harus dijaga, untuk menghindari tindak kriminalitas seperti yang terjadi di beberapa wilayah lain. Depok memiliki Pusat Pelayanan Terpadu untuk Pemberdayaan Perempuan dan anak, yang dapat dijadikan tempat pengaduan jika terjadi kdrt di dalam rumah tangga. " Terkait Maulid Nabi Muhammad SAW, perilaku nabi yang tauladan patut dicontoh salah satunya beriman dan beramal soleh. Dalam bermasyarakat dan sebagai manusia, kita wajib menjalankan dan mengamalkan iman dan amal soleh : dalam bentuk bentuk beribadah, berpendidikan, menjaga kebersihan, bekerja, dan bersikap oprtimis. Allah SWT sangat menyayangi umatnya yang beramal soleh, dan rajin bekerja.  Beliau menghimbau, agar warga harus rajin, bekerja dengan jalan yang halal dan baik, karena itu merupakan bentuk amal soleh, " tuturnya. 

Sambung Beliau, “Warga harus optimis dalam menjalani hidup dan menggapai kesuksessan. Kejujuran dalam berdagang serta kegigihan merupakan kunci kesuksesan. Pelaku pasar harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan diri. Diakhir sambutan Walikota mengajak masyarakat agar mendukung mewujudkan Kota Depok menjadi Maju dan Sejahtera. Marilah bersama- sama memerangi gizi buruk, hendaknya para orangtua selalu memperhatikan anak-anak sehingga memperoleh gizi seimbang. Dalam mendidik anak- anak para orangtua harus mengajarkan budi pekerti nilai- nilai kesopan santunan, serta pemberlakukan jam belajar jam 6 sore sampai jam 9 malam," tutupnya. 

Usai menghadiri Maulid, Beliau melakukan blesukan dan berbelanja di pasar Pal sebagai wujud cinta Beliau terhadap produk lokal. Tak segan Walikota membeli 2 buah kemeja di pasar tersebut. Sebagai seorang kepala daerah Nur memberikan contoh, untuk tidak hidup konsumtif dan bermewah-mewah,  jadi berbelanja di pasar tradisional,"  kenapa tidak ! ". Nur Mahmudi juga terlihat berbincang dengan para pedagang dan memberikan informasi beasiswa, setelah mengetahui anak dari pedagang  tersebut tidak melanjutkan kejenjang perkuliahan karena keterbatasan biaya.
(Endang)




Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar