Jumat, 15 Maret 2013

Wakil Walikota Himbau Warga, Awasi dan Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan Pembangunan Kota Depok


Humas Protokol Setda Kota Depok
Press Release
Jum’at, 15 Maret 203

Wakil Walikota Depok H M Idris Abdul Shomad menutup Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Depok yang telah dilaksanakan selama 3 hari di Kinasih Resort Jl. Raya Tapos Cibinong, Jum’at (15/3) sore. Wakil Walikota mengatakan, Musrenbang bukanlah akhir dari sebuah proses perencanaan, karena Musrenbang merupakan sebuah proses perencanaan program yang akan dilanjutkan dengan proses perencanaan anggaran. “Hasil Musrenbang akan dijadikan sebagai masukan dalam penyusunan anggaran, baik yang akan didanai oleh APBD Kota Depok Tahun 2014 maupun yang diusulkan kepada APBD Provinsi dan APBN” tutur Wakil Walikota.

Dengan kemampuan anggaran daerah yang terbatas, tentunya tidak semua usulan kebutuhan dapat diakomodasi secara utuh menjadi program dan kegiatan yang akan didanai oleh Pemerintah Kota. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman dari seluruh stakeholder, dan jika memungkinkan untuk mencari sumber-sumber pendanaan yang lain diluar APBD, misalnya dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat (swadaya masyarakat) dan swasta melalui kegiatan corporate social responsibility/CSR (tanggung jawab sosial perusahaan). Dalam Musrenbang ini, sudah dibahas program-program prioritas Kota Depok, diantaranya, peningkatan kualitas pelayanan publik; peningkatan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi; pembangunan infrastruktur dasar perkotaan; optimalisasi pendapatan dan pembiayaan pembangunan daerah; dan peningkatan penataan ruang dan lingkungan hidup perkotaan.

Prioritas pembangunan ditetapkan atas dasar permasalahan dan tantangan pembangunan Kota Depok saat ini dan dengan memperhatikan program dan kegiatan pokok yang disusun oleh OPD yang bersifat realistis, penting dan mendesak untuk dilaksanakan serta memiliki dampak nyata, terukur dan langsung dirasakan oleh masyarakat. Melalui Musrenbang ini, kita dapat menyepakati prioritas kegiatan untuk memecahkan permasalahan perkotaan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan layanan dasar (seperti pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan) dan layanan publik (seperti layanan kependudukan, layanan akses terhadap informasi, layanan perizinan) yang berbasis teknologi informasi dan telekomunikasi.

“Semoga program prioritas yang sudah disepakati tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh OPD terkait” harap Wakil Walikota sekaligus mengajak masyarakat untuk mengawasi serta berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kota Depok. Tak lupa, diakhir penutupan, Wakil Walikota haturkan terimakasih kepada seluruh stakeholder Kota Depok yang telah berperan aktif dalam seluruh rangkaian proses perencanaan dari tingkat kelurahan hingga tingkat kota. (ols)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar