Kamis, 14 Maret 2013

Walikota Terima Tim Teknis EKPPD Nasional


Humas Protokol Setda Kota Depok
Press Release
Kamis, 14 Maret 2013

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il menerima kunjungan Tim Teknis Nasional Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Pemerintah Daerah (EKPPD) di aula lantai 5 Balaikota Depok. Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Evaluasi Teknis Nasional Hasudungan ini, dihadiri oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Inspektorat Provinsi Jawa Barat, Muspida Kota Depok, Wakil Walikota Depok, Sekretaris Daerah, para Asisten, dan OPD Kota Depok, Kamis (14/3).

EKPPD merupakan kegiatan penilaian LPPD bagi Provinsi, Kabupaten/ Kota di Seluruh Indonesia. Dari penilaian tersebut bagi Pemerintah Daerah yang berprestasi akan diberikan penghargaan oleh Presiden RI berupa Parasamya Purna Karya  Nugraha dan untuk Kepala Daerah akan diusulkan untuk diberi Bintang Maha Putera dan Bintang Jasa atau Satya Lencana. Sumber dalam evaluasi tersebut adalah Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang dibuat pemerintah daerah, termasuk di dalamnya LPJ pelaksanaan APBD. Evaluasi tersebut didukung pula dengan beberapa point pendukung antara lain kepuasan masyarakat atas kinerja pelayanan publik dan tanggapan masyarakat atas informasi LPPD. 

“Tim Teknis bertujuan untuk melakukan cek and ricek terhadap data yang disampaikan dalam EKPPD terhadap LPPD tahun 2010, apakah sesuai dengan kondisi riil dilapangan. Selain itu, kedatangan tim untuk mendengar penjelasan langsung  dari pemerintah daerah terhadap hasil pembangunan serta inovasi-inovasi dalam penyelenggaraan pemda sesuai dengan visi dan misi daerah. Tujuan terakhir adalah untuk melihat secara langsung kondisi riil dilapangan, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik dan pendelegasian” jelas Hasudungan.

Walikota menghaturkan terima kasih atas adanya momentum evaluasi ini. Walikota memaparkan tentang indikator kesejahteraan masyarakat, good governance, pelayanan dasar, dan daya saing daerah tahun 2009, 2010 dan 2011 dihadapan tim teknis EKPPD. “Banyak peningkatan yang terjadi dari tahun 2009 hingga 2011. Salah satunya IPM Kota Depok yang pada tahun 2009 adalah 78,68 meningkat menjadi 79,49 ditahun 2011. Kami juga memperoleh opini Wajat Tanpa Pengecualian dari BPK, dan MDG’s atas berkurangnya gizi buruk di Kota Depok” papar Walikota yang dilanjutkan dengan menginformasikan berbagai piagam dan penghargaan yang diraih oleh Kota Depok.

Menaggapi paparan Walikota, Hasudungan berpendapat bahwa Kota Depok memang mengalami peningkatan, tetapi masih kurang signifikan. Diharapkan, Kota Depok dapat terus meningkatkan kinerjanya sehingga bisa lebih maju lagi dengan pesat. Setelah mendengarkan paparan, Tim Teknis EKPPD melanjutkan kunjungan kebeberapa tempat, salah satunya  RSUD Kota Depok. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar