Sabtu, 16 Maret 2013

Wakil Walikota tutup Musrenbang TK Kota tahun 2013



Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Jum'at, 15 Maret 2013





Jum'at (15/3), Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad menutup musyawarah perencanaan pembangunan Kota Depok Tahun 2013. Musrenbang tersebut telah berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 13-15 Maret 2013 di Wisma Kinasih Resort- Tapos, Depok. Musrenbang tingkar kota dilakukan dalam rangka penyusunan RKPD Kota Depok Tahun 2014. Dengan mengusung tema: " Pembangunan Kota Depok yang lebih fokus, berkualitas, efektif dan efisien, melalui sinkroniasasi dan sinergitas peran stakeholder dalam perencanaan pembangunan Daerah menuju Kota Depok yang maju dan sejahtera.

Kepala Bappeda Kota Depok, Misbahul Munir menyampaikan bahwa musrenbang tk kota tahun 2013 menghasilkan 13 isu strategis yang akan menjadi program prioritas di 2014.Pada tahun 2014 target kinerja tentang 8 program unggulan dan 4 program andalan akan tetap dilaksanakan seluruh aparatur Pemerintah Kota Depok.

Munir juga menambahkan, bahwa selama 3 hari tersebut telah dilaksanakan diskusi dan membahas seluruh rencana pembangunan 2014,pada hari Kamis: bidang ekonomi dan pemerintahan, Jum'at
bidang Pemerintahan fisik dan prasarana. Menghasilkan kesepakatan-kesepakatan seluruh peserta yang mewakili masyarakat Kota Depok. 13 isu strategis yang akan akan dijadikan program prioritas, diantaranya adalah:
1.Peningkatan kualitas pelayanan publik.
2. Peningkatan tata pemerintahan dan reformasi birokrasi.
3. Pembangunan ifrastruktur kota,
Penambahan pagu, 1M untuk setiap kelurahan untuk digunakan membangun drainase dan jalan lingkungan.
4.Optimaslisasi pendapatan dan pembiayaan, sesuai rpjmd, harus meningkat 15 % dari tahun ketahun.
5. Peningkatan penataan ruang dan lingkungan diperkotaan.
6. Peningkatan kreatifitas inovasi dan prestasi masyarakat.
7. Peningkatan potensi lokal dan investasi daerah.
8. Peningkatan jamkesda dan jamkesmas.
9. Aksestabilitas dan pendidikan berkarakter.
10. Pendidikan
11.Peningkatan Ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.
12. Penghematan Energi, penghematan bbm.
13.Politik hukum dan peningkatan keamanan daerah.

Seluruh program/ kegiatan opd 2014 telah sesuai dengan rpjmd dan seiring dengan kebutuhan masyarakat saat ini,
bahkan sinkronisasi dengan pokok-pokok pikiran DPRD terus dilakukan, " tutur Beliau.


Sementara itu, Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad pada kesempatan ini mengatakan" musrenbang tingkat kota bukanlah akhir dari proses perencanaan, tetapi merupakan proses yang harus dilalui, ditindaklanjuti ke perencanaan anggaran. Hasilnya nanti, menjadi masukan untuk penyusunan anggaran dari apbd ,apbd provinsi, dan apbn,  "tuturnya.
Sambung Beliau, "kejelian sangat diperlukan dalam memilih program yang menjadi prioritas, karena dengan keterbatasan anggaran, tentunya tidak semua program dapat di akomodir melalui apbd. Dalam hal ini peran serta CSR dan swadaya masyarakat, serta parisipasi aktif masyarakat sangat dipelukan.

Musrenbang tk kota 2013 yang telah 13 isu strategis hendaknya dapat dijdkan acuan dalam melakukan kegiatan oleh para OPD. Beliau juga berharap hendaknya musrenbang tk kota ini, tidak hanya sekedar wacana, tetapi program prioritas dapat dilaksanakan dengan baik melalui 3t :tulus, tekad, terlaksana. Masyarakat juga diharapkan mengawal dan mengawasi serta berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan pada tahun 2014. Semoga musrenbang tk kota Depok ini membawa keberkahan dan manfaat demi mewujudkan Kota Depok yang maju dan sejahtera. (Endang)




Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar