Kamis, 25 April 2013

Depok Raih Peringkat ke-4 Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Terbaik Secara Nasional


Humas Protokol Setda Kota Depok
Siaran Pers
Kamis, 25 April 2013

Walikota Depok menghadriri Peringatan Hari Otonomi Daerah XVII Tahun 2013 di Hotel Bidakara Jakarta. Dalam peringatan yang dirangkai dengan dialog tentang otonomi daerah, juga diserahkan Sertifikat Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Terbaik berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD), atas Laporan Peneyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2011, kepada 3 Provinsi, 10 Kabupaten, dan 10 Kota di Indonesia.

Dalam peringatan yang mengusung tema “Dengan Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kapasitas Pemerintahan Daerah Untuk Percepatan Kesejahteraan Masyarakat” ini, Menteri Dalam Negeri RI Gamawan Fauzi mengatakan bahwa peringatan ini sebagai media bagi jajaran Pemda dan pemangku kepentingan, untuk mengenal otonomi daerah secara detail, sehingga bisa membuat program/ kegiatan/ kebijakan yang lebih mandiri dan maju untuk percepatan kesejahteraan masyarakat. “Selamat kepada Pemerintah Daerah dan Kepala Daerah yang mendapat penghargaan, semoga bisa terus meningkatkan kinerja terbaiknya demi kesejahteraan dan kejayaan masyrakat” tutur Gamawan.

Pemerintah Kota Depok, merupakan salah satu dari 10 Kota yang mendapat penghargaan berupa sertifikat penyelenggaraan pemerintahan daerah terbaik, dengan menduduki peringkat ke-4, setelah Kota Tangerang, Madiun, dan Yogyakarta, dengan perolehan skor 31,486 dan status sangat tinggi. Tak hanya itu, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il juga mendapatkan penghargaan berupa piagam tanda kehormatan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI, yang diserahkan langsung oleh Gamawan Fauzi, Kamis (25/4) pagi. Piagam tersebut diberikan kepada 27 Kepala Daerah di Indonesia atas jasa, prestasi, dan kinerja terbaik penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 2 tahun bnerturut-turut (tahun 2009 dan 2010). Di Provinsi Jawa Barat, hanya Kota Depok dan Cimahi yang mendapatkan sertifikat tersebut. “Alhamdulillah atas anugrah ini. Prestasi ini adalah refleksi dari kekompakan kita semua. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari semua elemen masyarakat, dari DPRD Kota Depok, dan seluruh Aparatur Pemkot Depok, sehingga Kota Depok bisa menduduki peringkat 4. Semoga dengan prestasi ini, kita bisa bersama-sama meningkatkan kembali kinerja kita, sehingga penyelenggaraan pemerintahan di Kota Depok semakin baik lagi” tutur Walikota sekaligus menginformasikan, bahwa tahun lalu, Kota Depok berada di peringkat kedelapan.

“Kedepan, Pemkot Depok harus tetap berpegang pada prinsip-prinsip penyelenggaraan pemerintahan daerah, supaya kualitas pembangunan di Depok sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan bisa semakin dirasakan oleh masyarakat. Kami akan terus berusaha untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan kinerja terbaik kami demi tercapainya kesejahteraan masyarakat” tutur Walikota menambahkan, ada 2 kelompok besar yang menjadi indikator penilaian, diantaranya berkaitan dengan masalah keuangan dan kerjasama dengan DPRD. Prestasi ini juga merupakan kado terindah di Hari Jadi ke-14 Kota Depok, yang jatuh pada 27 April mendatang. (ols) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar