Kamis, 18 April 2013

Walikota sosialisasikan ODNR, ODNC, dan Stop TB pada pembukaan Festival Timur Tengah 2013 FIB UI


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 18 April 2013


Festival Timur Tengah merupakan salah satu acara terbesar di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Ini merupakan tahun ke-4 diselenggarakannya festival, sejak tahun 2010. Dengan mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya, tema yang diusung tahun ini adalah”  pesona negeri 1001 malam”. Bertujuan untuk memperluas pengetahuan  dari negeri pemilik julukan 1001 malam. Berbagai kompetisi bahasa arab diadakan, dari siswa sma dan perwakilan mahasiswa dari universitas se-Indonesia. Kegiatan ini didukung oleh berbagai media dan sponsor.

Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menyelenggarakan Festival Timur Tengah 2013, yang akan berlangsung dari Kamis sampai dengan Sabtu, 18-20 April 2013, bertempat dikampus FIB UI Depok. Festival ini dibuka oleh Pjs. Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Joko Santoso, M.Sc dan dihadiri oleh Walikota Depok H. Dr. Nur Mahmudi Isma`il, M.Sc, Duta besar Arab Saudi, Mr. H.E. Mustafa bin Ibrahim Al-Mubarak, perwakilan Kedutaan besar Kuwait, perwakilan Kedutaan Besar Uni Emirat Arab, perwakilan Kedutaan besar Lebanon, dan perwakilan Kementerian Luar Negeri RI, perwakilan Kementerian Agama RI, Dekan FIB UI Prof Dr. Bambang Wibawarta dan segenap civitas akademia UI.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il dalam sambutannya mengatakan “ini adalah tahun ke-2 menghadiri Festival Timur Tengah yang diselengarakan FIB Universitas Indonesia. Semoga melalui acara ini mampu meningkatkan kekuatan dan kekompakan, silaturahmi Himpunan mahasiswa jurusan Sastra arab serta menambah pengetahuan peradaban Timur Tengah. Saya bangga bahwa Universitas Indonesia merupakan bagian dari Kota Depok, “tuturnya. 

Nur Mahmudi Ismail pada kesempatan ini juga mensosialisasikan 3 program/ Gerakan  Pemerintah Daerah Kota Depok yang dipakainya saat itu, yaitu:
PIN ODNR: Pin gerakan One Day No Rice yaitu program diversifikasi pangan, gerakan mengurangi konsumsi beras pada hari Selasa
PIN ODNC: Pin gerakan One Day No Car program penghematan energy, yaitu dengan tidak menggunakan kendaraan roda empat (Mobil) Pada hari Selasa
Pin Stop TB: Yaitu pin gerakan memerangi dan menanggulangi virus TBC di masyarakat. Masyarakat , adik-adik mahasiswa harus memeriksakan diri yaitu deteksi aktif tbc dan mengobati penderita tbc, pemeriksaan dan pemberian obat gratis dari pemerintah, “pungkas Beliau.

Walikota juga merasa bangga kepada mahasiswa UI yang mampu menyelenggarakan festival ini, semoga dapat meningkatkan silaturahmi dan pengetahuan tentang peradab Timur Tengah.

Festival ini terasa sangat penting untuk memberikan wawasan dan pemahaman kita yang lebih mendalam mengenai Peradaban Timur Tengah, baik dari segi budaya, politik, maupun bahasa yang sejak ribuan tahun lalu memberikan kontribusi besar dalam peradaban dunia. Tak dapat dipungkiri bahwa mahakarya arsitektur Timur Tengah yang begitu megah ditambah dengan berbagai kebudayaan Timur Tengah yang diaplikasikan melalui kesenian-keseninannya, mulai dari tari perut yang diiring alunan music khas padang pasir, sampai dengan untaian kata-kata indah dalam puisi, telah mampu membius minat dan perhatian jutaaan orang diseluruh dunia akan kekayaan budaya timur tengah.

Untuk membawa partisipan lebih dekat dengan budaya arab khususnya negeri dengan julukan Negeri 1001 malam, akan diadakan Pemutaran Film Son Of Babylon dan seminar nasional Peran Bayt Al-Hikmah bagi peradaban dunia dengan Pembicara Dr. Sukron Kamil (Dosen dan Peneliti UIN  Syarif Hidayatullah, Jakarta), Adnin Armas, MA. (Peneliti dan Direktur Ekskutif Institute for The Study of Islamic Thought and Civilization/INSISTS), Muhammad Lutfi Zuhdi, Ph.D (Direktur Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia), dan Ismail Fajrie Alatas (Kandidat Doktor bidang antropolog dari University of Michigan 2011). Selama berlangsungnya festival ini, panitia juga menyelenggarakan berbagai lomba yang diperuntukan tidak hanya bagi mahasiswa bahasa dan program Arab, tetapi dapat diikuti oleh masyarakat umum. (Endang)

Conttact Person:
Humas FIB UI
021- 7863528/29

Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar