Kamis, 09 Mei 2013

De'Expo Gelar Karya UMKM Kota Depok

Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Rabu, 8 Mei 2013

Dengan mengucap basmallah, Wakil Walikota Depok H M Idris Abdul Shomad membuka De'Expo Gelar Karya UMKM Kota Depok Tahun 2013 yang digelar di Depok Town Squere, dengan mengusung tema "Menuju UMKM Kota Depok yang Kreatif dan Maju". Pembukaan yang ditandai dengan pengguntingan pita ini, dihadiri oleh Ketua Asosiasi UMKM Kota Depok, Kepala OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Depok, Bank BRI Cab Kota Depok, Rabu (9/5).

Ketua Panitia Herman Hidayat mengatakan bahwa De'Expo merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-14 Kota Depok yang jatuh pada 27 April lalu. " De'Expo ini akan diselenggarakan dari tanggal 8-12 Mei mendatang, dari jam 10.00 - 21.00 wib. De'Expo juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Depok dalam rangka membantu para pelaku usaha dalam kegiatan pemasaran" tutur Herman menginformasikan, tidak kurang dari 15 ribu UMKM yang ada di Kota Depok, yang rata-rata memiliki 2 kesulitan, yaitu keterbatasan permodalan dan pemasaran.

"Konteks kegiatan ini, adalah untuk membantu salah satu permasalahan mereka, yaitu pemasaran. Semoga dengan digelarnya De'Expo, UMKM di Kota Depok bisa berkembang lebih basar dan luas" harap Herman yang juga Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Pasar Kota Depok. Tahun ini merupakan tahun ke-3 terselenggaranya De'Expo dan kali ini menghadirkan lebih dari 74 stand yang terdiri dari kuliner, kerajinan tangan, fashion, dan dekranasda. 

Dalam acara pembukaan yang menyajikan pentas seni tarian betawi ini, Wakil Walikota memberikan piala dan hadiah kepada pemenang lomba UKM kreatif tahun 2013. Madu Mutiara Ibu dari Kecamatan Cimanggis menjadi juara pertama dengan jumlah nilai 810,6 dan mendapatkan uang sebesar Rp. 10.000.000,-. Kalista Warna (nilai 744,6) dari Kecamatan Cilodong menjadi juara kedua dan mendapatkan uang sebesar Rp. 7.500.000,-. Juara ketiga diraih oleh Salim Bakery dari Kecamatan Bojongsari dengan nilai 731,3 dan mendapat uang sebesar Rp. 5.000.000,-. Beberapa kriteria yang menjadi penilaian adalah berapa besar produk yang dipasarkan, berapa banyak tenaga kerja yang diserap, ketaatan membayar pajak, dan tertib pembukuan.

Awali sambutan, Wakil Walikota mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap dapat terus meningkatkan inovasi yang berdaya saing. "Event ini merupakan sarana untuk mengenalkan sekaligus memasarkan produk-produk yang ada di Kota Depok. Ada beberapa pengusaha kita, yang telah menggelar karyanya di luar negeri, seperti di Abudabi, Hongkong, Jepang, dan masih banyak lagi. Ini menandakan, bahwa produk kita diminati oleh orang-orang luar negeri. Untuk itu, semoga event ini bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kreatifitas di Kota Depok" tutur Wakil Walikota menambahkan, event ini juga merupakan upaya untuk meminimalisir permasalahan yang dihadapi, yaitu pemasaran.

Terkait dengan permasalahan permodalan, sebaiknya para stakeholder turut memperhatikan UMKM kita dengan menggaet CSR, sehingga masalah tersebut bisa diatasi."Kreatifitas merupakan modal untuk mendukung pembangunan di Kota Depok. Dengan kreatifitas kita bisa menjadi unggul dan dapat mewujudkan ekonomi yang mandiri. Event ini sangat strategis sebagai ajang sosialisasi dan pemasaran. Manfaat event ini dengan baik" pinta Wakil Walikota yang juga menghimbau  kepada seluruh seluruh elemen dan masyarakat di Kota Depok, untuk turut sosialisasikan hasil karya UMKM Kota Depok dan cinta produk dalam kota.

"Banyak sekali karya yang telah kita miliki, seperti sepatu, tas, batik, dan genta nada. Semoga De'Expo yang sengaja digelar ditempat keramaian (Detos) ini, dapat mengundang warga Depok sehingga mereka dapat mengenal dan mencintai produk kota Depok" tutur Wakil Walikota sekaligus menginformasikan bahwa banyak temannya yang berasal dari luar negeri yang menyukai genta nada kota Depok, yang dapat menghasilkan berbagai jenis irama dari beberapa daerah.

Diakhir pembukaan De'Expo juga disajikan pentas seni Rampak Bedug, sekaligus menjadi pengiring Wakil Walikota dan jajarannya, saat meninjau stand-stand yang ada di De'Expo. Sebagai informasi, tak hanya menghadirkan stand UMKM, setiap harinya, juga akan digelas kesenian dan seminar/diskusi untuk memeriahkan De'Expo. (Ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar