Rabu, 08 Mei 2013

MPR lakukan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara demi kemajuan bangsa


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Rabu, 8 Mei 2013



Rabu (8/5) Berangkat dari MoU yang telah ditandatangani oleh MPR bersama PGRI, akhirnya kegiatan sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara dapat dilaksanakan di aula lantai 1 Balaikota Depok.
Hadir dalam acara ini Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA, Eman Hidayat, MM, Kadisdik Kota Depok Herry Pansila, Delegasi MPR RI, TB Sumanjaya, Perwakilan dari DPR RI: Harry Witcaksono, Erik Satria Wardana, Pengurus PGRI Kota, Cabang dan ranting se-Kota Depok.

Eman Hidayat, MM Ketua PGRI Kota Depok selaku ketua panitia, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan penyegaran kembali akan 4 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Diharapkan melalui acara ini, akan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, masyarakat, anak-anak didik agar lebih memahami dan menghayati landasan negara kita. Hadir 300 peserta yang terdiri dari:  guru; sd, smp, sma, dan sma, pengawas, kepala UPT, PGRI, BPMPS, dan dewan pendidikan.
Adapun pembiayaan dan akomodasi sepenuhnya dikeluarkan oleh MPR RI. Eman berharap agar para peserta harus bersungguh-sungguh mengikuti, dan menghayati, serta mensosialisasikan kepada anak didik dan masyarakat, tentang 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, Yaitu: Pancasila, UUD, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bhineka Tunggal ika.

Sementara itu Wakil Walikota mengatakan para peserta harus semangat untuk mengikuti acara ini. 4 Pilar tersebut harus dipahami, dihayati, dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari.
PGRI lagi-lagi dihimbau agar bersungguh-sungguh mengikuti acara, agar dapat mensosialisasikan kembali dan mengajarkan kepada anak-anak didik di Kota Depok. Agar Anak-anak didik tersebut dapat memahami 4 pilar tersebut, sehingga tawuran pelajar dan segala bentuk perilaku yang bersifat konflik serta separatis akan terminimalisasi. 4 pilar tersebut adalah:  Pancasila, UUD, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bhineka Tunggal ika.

Wakil Walikota atas nama Pemerintah Kota Depok mengucapkan rasa terimakasih atas perhatian MPR RI terhadap dunia pendidikan dan upaya penanaman landasan negara kepada PGRI dan dunia pendidikan di Kota Depok.
“Berbuatlah yang terbaik untuk negara, Jangan kau tanya apa yang telah diberikan negara untukmu, tetapi renungkanlah apa yang telah kau berikan untuk negara!”, tuturnya.

Ketua Delegasi dari MPR RI, TB Sumanjaya menyampaikan rasa syukurnya, dapat melaksanakan MoU yang telah ditandatangani oleh MPR RI dan PGRI Kota Depok. “Acara ini bertujuan mensosialisasikan dan mengingatkan kembali akan pentingnya 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Pilar- pilar bangsa tidak semata-mata hanya disimbolkan melalui 4 hal tersebut, bahkan lagu kebangsaan, bahasa, bendera dapat dimaknai sebagai pilar bangsa, jika kita sadar akan kecintaan terhadap bangsa, dan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan, serta etika dan moral yang patut dijungjung tinggi”, tuturnya. Penanaman da upaya mengingatkan kembali akan 4 pilar bangsa tersebut semata-mata adalah untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa, juga demi kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia. ( Endang)


Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar