Rabu, 17 Juli 2013

Puasa Adalah Praktek Universal Bagi Seluruh Umat Beragama

Siaran Pers 
Humas Protokol Setda Kota Depok
Senin, 15 Juli 2013


Ramadhan adalah bulan yang sangat suci dan  berkah bagi umat islam di seluruh Dunia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini, tarawih keliling (Tarling) pun kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Depok. Tarling dihari keenam bulan ramadhan 1434 H kali ini dihadiri oleh Walikota H. Nur Mahmudi Ismail dan Wakil Walikota Depok H. M. Idris Abdul Shomad i masjid Al Jihad, Kelurahan Cinere, Depok, Senin (15/7) malam. Sebelum tarling, tentunya dilaksanakan pula buka puasa bersama. 


Dalam buka puasa bersama, Wakil Walikota berkesempatan untuk memberikan sambutan dan kuliah tujuh menit (Kultum). Dalam kultumnya Wakil walikota mengatakan bahwa Allah menjelaskan puasa adalah praktek unversal, artinya praktek yang juga dilakukan oleh orang-orang sebelum kita, yang terurai dalam surat Al baqrah ayat 183, tetntunya dengan syareat yang berbeda. 
Ternyata puasa tidak dilakukan oleh agama samawi, agama non samawi juga mengajarkan puasa. Mengapa demekian? karena puasa dianggap sebagi cara metode yang efektif untuk membentuk karakter manusia. 



Dikalangan orang barat, metode puasa dikenal sebagai sarana untuk mencari ketenangan batin. Didalam islam juga dijelaskan bahwa berpuasa menanamkan akidah atapun keyakinan pengawasan Allah SWT dalam diri kita, pengawasan Allah SWT inilah, yang merupakan sebuah keyakinan dan bisa menumbuhkan ketaatan atau keyakian terhadap Allah SWT dimanapun kita berada.


Setelah buka puasa bersama dan shalat maghrib berjamaah, Walikota memberikan bantuan sarana dan  prasarana keagamaan, antara lain al-qur’an dari Kementrian Agama. Jam dinding, karpet, sajadah, dan kipas angin dari bank Jawa Barat Banten (BJB), dan yang terakhir bantuan uang sebesar Rp 10.000.000,- dari Pemko Depok. “Semoga bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya dan cepat menyelesaikan pembangunan masjid” do’a  Walikota sekaligus mengajak masyarakat dan seluruh jajaran staf kelurahan Cinere untuk turut memberikan sumbangsihnya dalam penyelesaian pembangunan masjid yang sedang di bangun ini. (Oki-Chairul/olas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar