Jumat, 16 Agustus 2013

Walikota Pantau Kesiapan Launching Air Minum Langsung di Balaikota

Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Jum’at, 16 Agustus 2013

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PDAM Kota Depok  Tirta Asasta akan segera merealisasikan program air PDAM yang bisa langsung diminum langsung, dengan membuat titik air sebagai sumbernya. Titik air minum tersebut, diawali di Balaikota Depok. Disana, telah terpasang 3 titik, yaitu di halaman Masjid Balaikota, lapangan, dan halaman parkir Gedung Baleka. Ketiga titik tersebut memiliki konsep Reperse Osmosis (RO). Konsep itu menghilangkan semua bakteri sehingga air layak untuk diminum secara langsung.

Usai melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Balaikota, Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il sempat mengecek ketiga titik air yang telah terpasang di Balaikota, Jum’at (16/8) siang. Saat melakukan pengecekan, Walikota didampingi dengan Direktur PDAM Kota Depok,  Muhammad Kholik. Pemimpin Kota Depok menjelaskan, pengecekan dilakukan karena besok, tepat di HUT Kemerdekaan RI, ketiga titik air minum langsung ini akan dilaunching.

“Pengecekan yang dilakukan adalah tentang kelayakan struktur bangunannya, tinggi rendahnya bangunan, bentuk alirannya, nyaman atau tidaknya cara untuk memanfaatkan fasilitas sebagai sumber air minum langsung, dan sebagainya. Menurut Direktur PDAM, air ini telah melalui proses uji laboratorium dan hasilnya sudah sesuai standar layak untuk diminum. Sumber air berasal dari sumber PDAM, yang dimasukan instalasi RO dan telah siap untuk dimunim” jelas Walikota menambahkan, dengan kondisi itu, Dirut PDAM nantinya bisa menjelaskan bagaimana standar uji laboratorium sehingga bisa layak diminum.

Dengan adanya titik air ini di Balaikota, kami berharap , para pengguna pelayanan yang berada di Balaikota bisa memanfaatkannya sebagai fasilitas sumber air minum langsung. Dengan telah adanya ketiga titik di Balaikota ini, PDAM sudah harus bersiap-siap untuk menyediakannya dibeberapa tempat pelayanan lainnya, sambung Walikota.

“Kedua tempat sudah sesuai, namun, untuk yang berada diarea Masjid Balaikota ini harus disesuaikan kembali, sehingga bisa dijangkau oleh orang secara umum. Ada bagusnya,  posisinya dibuat sedemikian rendah seperti dibandara, dan ada 2 katagori yang bisa menggunakannya, yaitu anak kecil dan orang dewasa” tutur orang nomer satu di Kota Depok seraya berharap, PDAM Kota Depok bisa menyesuaikan kontruksi yang nyaman.

Terkait dengan rasa air minumnya, Walikota mengatakan, rasa airnya sudah oke, PH yang dicapai ditengah-tengah, yaitu sekitar 7. Untuk PH air minum yang sesuia standar kesehatan adalah 6,5 s/d 8,5. Dan uji laboratorium mengatakan PH sumber air minum langsung ini sudah layak untuk diminum. Kalau memang bisa PH nya dinaikan, dinaikan saja sedikit biar lebih adem rasanya, tutup Walikota akhiri pengecekannya. (olas)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar