Kamis, 19 September 2013

Suasana haru menyertai pelepasan calon jamaah haji Kota Depok 1434 H tahun 2013 kloter 22


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 19 September 2013



Suasana haru menyertai pelepasan calon jamaah haji Kota Depok 1434 H tahun 2013 kloter 22. Para calon jamaah haji Kota Depok dilepas oleh keluarga masing-masing di lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok pada Kamis (19/9).
Beberapa jamaah maupun anggota keluarga menitikan air mata bahagia, akhirnya dapat berangkat menunaikan ibadah haji, sebagian suasana haru dirasakan karena akan berpisah jauh dengan keluarga selama kurun waktu 40 hari.
Lambaian tangan, dan untaian doa menyertai para calon jamaah haji tersebut, keluarga berharap para jamaah dapat selamat, ketika pulang dan pergi.

Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA turut hadir dalam pelepasan calon jamaah haji Kota Depok 1434 H tahun 2013 kloter 22. Turut hadir pula perwakilan unsur Muspida, Kemenag Kota Depok, Pengurus KBIH Kota Depok, Para Calon Jamaah Haji Kota Depok dan para keluarga calon jamaah haji.

Pada kesempatan ini KH. Idris Abdul Somad, MA dalam sambutannya ” mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi seluruh jamaah calon haji Indonesia, khususnya yang berasal dari Kota Depok yang berjumlah 388 orang, seraya mendoakan semoga memperoleh haji yang mabrur, sehingga akan mendapatkan balasan yang dijanjikan yaitu surganya Allah SWT, amin, “tuturnya.

Rangkaian prosesi haji dari mulai ihram, thawaf, sa’i, tahallul, hingga wukuf di Padang Arafah, merupakan sebuah pembinaan dan manifestasi kerendahan dan kehinaan kita sebagai manusia dihadapan Sang Kholiq, Allah SWT.
Pelaksanaan haji akan ditransformasi kepada kesucian, kebersihan, dan nilai-nilai spiritual. Sedangkan umat manusia akan didekatkan kepada persatuan, kemuliaan, dan kekuatan. Pada saat yang sama, ibadah haji adalah sebuah gerakan kolosal yang mengajak seluruh Mukminin agar saling bersatu, bahu membahu dan memperlihatkan persatuan dan kesatuan tubuh Muslimin di mata dunia.
Dengan kata lain, ibadah haji bukanlah perkara gengsi ataupun prestasi sosial, akan tetapi lebih dari itu semua, ibadah haji merupakan sebuah pencapaian puncak kedewasaan mental spiritual seorang manusia dalam meraih ketaqwaan kepada Allah SWT, “tuturnya.

Bangunlah rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas serta pupuk sikap toleransi dan saling menghormati”, pungkas Idris.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ada 3 (tiga) pesan Wakil Walikota yaitu”
Pertama, jamaah haji harus dapat menjaga diri dan kesehatan sehingga dapat terhindar dari segala penyakit yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah selama berada di tanah suci.
Kedua, jamaah haji harus selalu menjaga kekompakan selama di perjalanan hingga sepulangnya nanti ke tanah air. Insya Allah dengan menjaga kebersamaan dan kekompakan maka masalah yang akan dihadapi akan terasa menjadi ringan dan tentunya dapat membawa keberkahan karena kita bisa saling membantu.
Ketiga, jamaah haji agar senantiasa memelihara dan menjaga kondisi bathiniah yang semata-mata diniatkan dan diikhlaskan untuk beribadah kepada Allah SWT, menghindarkan dari tindakan dan perbuatan yang tercela serta mengisinya dengan memperbanyak ibadah, berdzikir, berserah diri dan memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang dilakukan serta menanggalkan segala bentuk kemewahan maupun kesombongan”.

Wakil Walikota secara langsung melepas para calon jamaah haji dengan mengantar mereka hingga ke bis, Idris Abdul Somad, MA “mengucapkan selamat jalan kepada seluruh jamaah calon haji Kota Depok Tahun 2013, dengan iringan doa semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT dan kembali ke tanah air dengan selamat dan mendapatkan predikat haji yang mabrur, amin ya rabbal ‘alamin, “tutupnya. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar