Kamis, 31 Oktober 2013

Minat Baca Perlu Ditingkatkan Untuk Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Cerdas, Unggul, dan Religius


Siaran  Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 31 Oktober 2013


Pemerintah Kota Depok melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan menyelenggarakan Promosi Perpustakaan di Balaikota, Kamis (31/10).  Promosi perpustakaan perlu dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, dan meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan.
Para Guru, Anak- anak sekolah SD, SMP perwakilan se-Kota Depok sejak pagi telah berkumpul untuk mengikuti acara Promosi Perpustakaan ini. Para guru, harus selalu mengingatkan dan memotivasi agar anak-anak mempunyai minat baca sejak dini. Anak-anak sekolah yang hadir juga akan diajak agar memiliki minat membaca, melalui acara yang dikemas dengan menarik ini.
Promosi Perpustakaan kali ini mengusung tema “Dengan promosi perpustakaan Kita tingkatkan minat dan budaya gemar membaca masyarakat untuk terwujudnya Kota Depok yang maju dan sejahtera”.
Penampilan paduan suara dari anak-anak SD Sukamaju 2 dengan lagu Belimbing Depok dengan bahasa sunda memeriahkan acara. Beberapa pertunjukan kebudayaan dari seperti tari Dog-dog lojor juga ditampilkan. Penampilan anak-anak dipanggung juga bermanfaat  untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak, serta meningkatkan kecintaaan pada budaya Indonesia.
Turut hadir Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok Drs. H. Azwar Darmansyah, MM, Perwakilan Unsur Muspida Kota Depok, Perwakilan OPD dan hadirin lainnya.
Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok Drs. H. Azwar Darmansyah, MM mengatakan” Promosi Perpustakaan perlu dilakukan untuk mengenalkan perpustakaan untuk lebih dekat dengan masyarakat. Mayarakat harus mengetahui dan menyadari peran penting perpustakaan, kegiatan ini dilakukan agar meningkatkan minat baca masyarakat dan agar anak-anak didik gemar membaca. Karena dengan banyak membaca kita memperoleh banyak informasi, dan akan menambah ilmu pengetahuan, “ tuturnya.
Tambahnya, “beberapa kegiatan juga telah dilakukan, sebagai rangkaian promosi perpustakaan, diantaranya yaitu:
Lomba mengarang yang diikuti 38 anak perwakilan, se-Kota Depok, pada Tanggal 23 Oktober lalu di Aula lantai 1 Balaikota. Lomba story telling yang diikuti 11 peserta perwakilan se-Kota Depok, pada tanggal 23 Oktober di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok.
Pemenang juga memperoleh hadiah berupa uang pembinaan: 3 jt rupiah untuk juara 1, juara 2 sebesar dua juta rupiah, dan juara 3 sebesar 1 juta rupiah, “jelasnya.
                Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA dalam sambutnnya mengatakan” Perpustakaan merupakan tempat penyedia informasi, yang menyediakan berbagai bahan bacaan. Bahan bacaan tersebut berisikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Berbagai informasi yang kita dapatkan melalui membaca akan diolah oleh fikiran, kemudian menjadi pengetahuan. Oleh karena itu, “Banyaklah membaca agar banyak pengetahuan”!
“Perpustakaan merupakan pusat belajar, sumber pendidikan, sumber rujukan bagi generasi muda dan masyarakat. Kegiatan promosi perpustakaan selaras dengan misi Kota Depok yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang cerdas, unggul dan religius. Hal tersebut selaras, karena promosi tersebut merupakan upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Karena dengan banyak membaca, kita dapat memperoleh banyak ilmu pengetahuan, dan kita dapat semakin pintar.  Sumber daya manusia yang berpengetahuan luas, adalah sumber daya yang unggul. Human Development Indeks Kota Depok khususnya, dan Indonesia umumnya harus terus ditingkatkan melalui berbagai upaya pencerdasan bangsa, “tuturnya.
Idris berharap semoga melalui promosi yang dilakukan mampu meningkatkan minat baca masyarakat Kota Depok.
“Insya Allah nanti, pada tahun 2014 Kota Depok memiliki gedung perpustakaan baru, yang lebih memadai, menarik , dan didukung teknologi yang memadai untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Depok dalam penyediaan informasi/ buku, pengetahuan.
Penyediaan bahan bacaan yang beragam, menarik dan update sangat perlu dilakukan, untuk menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan membaca, demi menambah pengetahuan, “ pungkanya. (Endang)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar