Kamis, 05 Desember 2013

Toreh Prestasi Bidang IT Siswa Depok Berhasil Ciptakan Antivirus Untuk Komputer









Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 5 Desember 2013





Kamis (5/12) Kota Depok sebagai kota satelit DKI Jakarta juga terus berkembang seiring perkembangan zaman. Meski Kota ini tidak memiliki sumber daya alam, namun Kota Depok mempunyai sumber daya manusia yang cukup banyak. Kota Depok yang saat ini IPM nya telah baik, terus berusaha meningkatkan Indeks Pembangunan Manusianya, melalui pengambangan sumber daya manusi, yang cerdas, unggul, kreatif dan religius.

Satu lagi muncul prestasi yang dihasilkan oleh siswa di Kota Depok.
Isfahani ghiyath, Kelas 11, dari SMK Al-muhajirin. Dibawah bimbingan guru komputernya bernama Yudhi Setiawan terhasil menemukan anti virus untuk komputer.


Inovasi pembelajaran berbasis TIK juga telah berhasil di terapkan oleh SMP Negeri 14 Kota Depok. SMP ini sudah cukup baik, dan berhasil menerapkan pengajaran dengan TIK. Games yang mendidik, dan lain-lain. Pola pembelajaran yang berhasil menarik diterapkan guru-guru disekolah ini. Hal ini terlihat ketika Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, MA meninjau dan diliput oleh salah satu stasiun swasta terkait prestasi bidang IT ini.


Wakil Walikota mengatakan "Memang Kota Depok dalam pembangunan, difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia, karena Kota Depok tidak mempunyai  sumber daya alam.  Sebuah prestasi telah muncul dalam dunia pendidikan, muncul dari kreatifitas anak-anak, dan prestasi sebagai pelaku pembelajaran yaitu guru. Dalam pembangunan sumber daya manusia, kita jadikan sdm yang unggul, cerdas, kreatif, dan religius. Kita juga harus wujudkan pembangunan  sdm di berbagai bidang. Sdm yang  unggul, cerdas, kreatif, dan religius berarti seseorang tidak hanya sekedar cerdas dalam sisi akademis tetapi juga  emosi, keterampilan, cerdas sosial, dan cerdas dalam agama. Misi tersebut mendukung misi pertama, Kota Depok yaitu pelayanan publik berbasis it, " tuturnya.

"Harapan kita sesuai dengan arahan kemedikbud agar dapat menerapkan kurikulum 2013. Mewujudkan para guru menjadi kreatif, dan kita harus mendorong terus, agar penerapan pengajaran it semakin baik. Penerapan tersebut juga dimaksudkan agar dalam belajar disekolah dapat semakin menarik minat anak-anak dalam belajar. Penghargaan ICT telah diterima Kota Depok  dari Kemenkominfo pada  tahun 2012. Saat ini kota Depok diharapkan dapat memberikan pelayanan teknologi kepada masyarakat, contoh free wifi di margonda dan radius 100 m  dari kelurahan se-kota Depok, dapat diakses bebas dan gratis oleh masyarakat.

Tambahnya, Kita juga sudah melakukan pelatihan terhadap guru-guru, lomba- lomba kreatifitas, penggunaan it smp, dan sma, hal ini dimaksudkan sebagai stimulan, dan kami juga melakukan kontrol terhadap penggunaan it, ada semacam satgas untuk  pengawasan penggunaan internet. Hal tersebut dimaksudkan agar berimbanh dalam pemanfaatan teknologi informasi / internet. Pemerintah Kota Depok juga akan berencana, mengusulkan, penemuan dari siswa ini, dan prestasi pola pengajaran guru kreatif berbasis it.
Akan diusulkan agar prestasi tersebut dapat di apresiasi oleh Kementerian terkait atau Pemerintah pusat.

Merupakan salah satu kebanggaan bagi kami, karena siswa smp dapat menemukan anti virus untuk komputer. Diharapkan jika, nanti ada sebuah penghargaan yang diberikan sebagai apresiasi dapat memotivasi siswa yang lain, dan siswa atau guru tersebut disupoort agar dapat menemukan hal-hal yang lain. Kami akan liat Kemendikbud mempunyai program apa yang dapat mendukung dan mengembangkan potensi siswa tersebut, " tuturnya.

Diakhir wawancara Wakil Walikota mengatakan "Pesan kami terhadap anak-anak di zaman  teknologi yang begitu pesat, berkembang cepat,  dan canggih, haruslah dapat menggunakan sebaik- baiknya, dan harus diimbangi dengan  pendidikan moral, seperti ekstrakulikuler rohis dan pendidikan agama dari keluarga. Tujuannya agar pemanfaatan internet / it dapat diseleksi dari dalam diri generasi muda sendiri, sehingga tidak merusak moral mereka. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar