Kamis, 30 Januari 2014

KRPL Balaikota Depok Hasilkan Panen Alpukat Mentega Tanpa Ulat

Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 30 Januari 2014


Kawasan Pangan Lestari di wilayah Kota Depok berjalan cukup baik. Masyarakat di Kawasan Pangan Lestari juga telah merasakan manfaat dari hasil Kawasan Pangan Lestari yang mereka rawat. Kawasan pangan lestari dimaksud adalah masyarakat menanam tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk pangan, juga tanaman untuk obat atau tanaman toga.Tak hanya dilingkungan masyarakat, Balaikota Depok juga memiliki KRPL di area hijau sekitar Balaikota. Beberapa titik di halaman Balaikota memang dimanfaatkan sebagai tempat untuk menanam tanaman pangan dan toga. Kegiatan menanam sampai memetik hasil dilakukan oleh Dharma Wanita, juga PKK.Namun, menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Depok, Abdul Haris, KRPL di kawasan perkantoran lebih tepat disebut dengan KKPL yaitu Kawasan Kantor Pangan Lestari.KKPL di lingkup Balaikota Depok terlihat cukup sukses hingga membuahkan hasil pada titik di Sebelah Kantor PKK Kota Depok. Pada Kamis (30/1) (Istri Walikota) Ibu Walikota Depok Hj. Nur Azizah Tamhid, MA selaku Ketua TP PKK Kota Depok memanen hasil KKPL di sebelah Kantor PKK Kota Depok. Senyum bahagia terpancar dari wajah Ibu Nur Azizah, ketika memetik buah alpukat dari pohon, yang ditanam sekitar 3 tahun lalu bersama tim pkk lainnya. Betapa tidak, 2 buah pohon alpukat tersebut menghasilkan banyak sekali buah dari 1 pohonnya. Alpukat yang dipanen adalah alpukat jenis bibit unggul, alpukat mentega tanpa ulat. Selain alpukat tanaman toga yang tumbuh dengan subur di titik ini juga siap dipakai kapan saja jika diperlukan. Ada lavender, rosela, sirih, kunyit, aloe vera, tanaman pangan seperti singkong, cabai, dll.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Depok mengatakan, Bapak Manto mengatakan KRPL di Balaikota ada dibeberapa titik, seperti : didekat taman samping, dekat kolam ada tanaman bayam dan kangkung yang beberapa waktu lalu ditanam dan telah dipanen oleh dharma wanita Kota Depok. Dititik lain PKK juga telah berhasil membesarkan, memelihara tanaman di KRPL Balaikota, tanaman pangan dan toga. Kegiatan ini selain mendukung Depok hijau, juga pohon yang ditanam akan menghasilkan buah yang dapat dimanfaatkan, juga untuk penghijauan, di lingkup Balaikota.Bagian umum akan  menyediakan lahan, dan pemupukan untuk tanaman, walaupun tugas bagian umum pemupukan tanaman pada tanam,  tetapi dengan adanya kkpl, akan kita dukung sepenuhnya. Demi menciptakan Depok hijau dan meningkatkan ketahanan pangan dari KKPL, "tuturnya.

Sementara itu Kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Depok Abdul Haris, mengatakan" KRPL dikawasan perkantoran lebih tepat jika disebut KKPL (Kawasan Kantor Pangan Lestari).Kami mengharapkan masing-masing kantor dapat menerapkan KKPL, di perusahaan, atau di UPT nya.Di Depok sudah ada yang melaksanakan dan menghasilkan.Nanti  Jika ada hal-hal yang perlu dibantu, Distankan akan siap mensuport program KKPL ini, "tuturnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Depok Hj. Nur Azizah Tamhid, MA mengatakan " Umur pohon alpukat yang barusan dipanen ini sudah berumur sekitar 3-4 tahun, sampai menghasilkan buah. Perasaan saya sangat bergembira, dan  bersyukur pada Allah SWT karena ada pohon alpukat yang ditanam bersamaan, juga ada beberapa tersebar di Balaikota, serta di rumahnya belum juga berbuah. Alangkah bahagia, pohon alpukatnya di sebelah kantor PKK sudah menghasilkan buah yang cukup banyak.Mudah-mudahan lebih banyak lagi, hasil KRPL diBalaikota yang dapat dirasakan. Kami didampingi BPMK, dan Distankan sampai dapat berhasil menghasilkan buah. Kedepannya akan disosialisasikan lagi ke masyarakat. Harapannya, dengan adanya KKPL nantinya akan dapat menambah keasrian di lingkungan Balaikota Depok, menjadi bukti bahwa PKK mendukung KRPL (KKPL di Balaikota ), juga dapat meningkatkan ketahanan pangan, melalui tanaman toga, dan tanaman pangan. Seperti buah alpukat, dapat digunakan untuk pangan dan daunnya dapat menjadi obat kolesterol, darah tinggi, batu ginjal.  Ada juga tanaman lain seperti: cincau, kunyit, lavender, rosela, dst. Jika masih ada lahanya,  PKK Kota Depok siap akan mau menanam lagi, tanaman hijau yang buahnya dapat dimanfaatkan untuk pangan dan obat, "tuturnya. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar