Rabu, 05 Desember 2012

Transmigrasi bukanlah Program Peminggiran, Tetapi Awal Kesuksesan





Humas Setda Kota Depok
Press Release
Rabu, 5 Desember 2012

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il menerima warga Depok peserta program transmigrasi diruang kerjanya, Rabu (5/12). Program transmigrasi merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat dengan Pemerintah Kota Depok, yang bertujuan untuk penataan persebaran penduduk yang serasi dan seimbang dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitar, peningkatan dan pemerataan pembangunan daerah, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kota Depok merupakan salah satu dari 5 Kota di Provinsi Jawa Barat yang mengirimkan peserta pada program ini. Provinsi Jawa Barat mengirimkan 50 peserta yang berasal dari berbagai Kota/Kabupaten dengan masing-masing 10 Kepala Keluarga/KK, yaitu Cirebon Sukabumi, Bandung barat, dan Bandung Utara. Selain Provinsi Jawa Barat, juga ada 50 KK dari Jawa Tengah, daan 100 KK dari lokasi setempat” terang Walikota seraya menambahkan program ini merupakan proses kombinasi dari 200 KK untuk bersama-sama mengembangkan Kabupaten Kayong Utara.

Kesepuluh KK Kota Depok, nantinya akan menetap di Desa Sei Mata-Mata SP.4 Kecamatan Simpang Hilir selama 18 bulan. Selama disana, para peserta akan mendapat jaminan hidup, seperti lahan seluas 2 Ha, satu unit rumah tipe 36, bantuan benih tanaman, pelatihan, bantuan modal usaha/uang saku, pakaian kerja/ seragam untuk Kepala Keluarga dan Istrinya. Walikota berharap, dengan program ini, paratransmigran bisa terus menggali potensinya untuk kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitar, mengingat mereka juga telah memiliki berbagai keterampilan, seperti bertani, berkebun, bengkel, listrik, konstruksi bangunan, tukang, supir, dan masih banyak lagi.  Program ini bukan hanya sekadar menyiapkan lahan untuk menampung transmigran dan memindahkan penduduk dari daerah asal ke tempat yang baru. Tetapi sebagai solusi untuk pertumbuhan perekonomian, penanganan kemiskinan dan pengangguran, serta pembangunan berkelanjutan.

“Program ini bukanlah program peminggiran orang-orang yang bertransmigrasi, tetapi pensuksesan orang-orang baru. Telah banyak orang yang sukses dari transmigrasi” tutur Pemimpin Kota Belimbing yang menghimbau para peserta menanamkan tekad untuk sukses bertransmigran. Kami akan memotivasi semua yang punya tekad untuk transmigrasi, karena lokasi yang disiapkan pun bagus untuk mereka dan untuk memulai kesuksesan, kata Walikota, yang meminta para transmigran untuk selalu menjaga kesehatan dan berbaur dengan masyarakat sekitar.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk menggali potensi dan berkontribusi dalam mengembangkan wilayah. Bersinergi dan bersilaturahmilah dengan sesama warga disana, untuk menyempurnakan kehifupan ekonomi, sosial kemasyarakatan. Jangan sampai kehadiran 10 KK dari Depok mengganggu warga disana”himbau Walikota sekaligus mengakhiri pertemuannya para calon transmigran. (ols)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar