Selasa, 29 Januari 2013

Wakil Walikota: Musrenbang Harus Hasilkan Prioritas Demi Kepentingan dan Kesejahteraan Masyarakat


Press Releas
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Selasa, 29 Januari 2013



Selasa, (29/1), Bertempat di Gedung Sekarpeni Jalan Raya Siliwangi, Musrenbang Kecamatan Pancoran Mas dibuka oleh Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad. Turut hadir pula pada kesempatan ini, Anggota DPRD Dapil Cipayung dan Panmas, Camat Pancoranmas Lienda Ratna Nurdiani, SH, MM, Lurah se-Kecamatan Pancoranmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Unsur Muspika, LPM dan hadirin lainnya. Musrenbang Kecamatan Pancoranmas mengusung tema” dengan pelaksanaan musrenbang  kita tingkatkan kualitas  partisipasi dan swadaya masyarakat menuju kecamatan pancoranmas yang tertib, berdaya dan sejahtera.

Camat Pancoranmas, Lienda Ratna Nurdiani ,SH, MM dalam laporannya, mengatakan bahwa musrenbang kecamatan merupakan keberlanjutan dari musrenbang tingkat kelurahan yang telah dilaksanakan di 6 kelurahan se-panmas pada tanggal 7-14 Januari 2013 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Bappeda. Musrenbang tingkat Kecamatan ini untuk mengklarifikasi semua usulan  dari tingkat kelurahan, yang nantinya hasil musrenbang di tingkat kecamatan juga akan dibawa ketingkat Kota. Camat Panmas juga mengemukakan jumlah angka gizi buruk yang semakin menurun, diketahui pada data Desember 2012 tersisa 9 orang, Beliau juga menginformasikan 11 bank sampah telah terbentuk di Kecamatan Pancoranmas dalam rangka mendukung program Depok, memilah, menanam dan mengolah, “tuturnya.

Sementara itu Wakil Walikota Depok, KH. Idris Abdul Somad, mengatakan “musrenbang dilaksanakan sebagai wujud menjalankan amanah undang-undang yang didasarkan pada nilai-nilai agama, dan nilai pancasila. Wakil Walikota juga menegaskan bahwa, meskipun  Kota Depok tidak memiliki sumber daya alam, namun memiliki banyak Sumber Daya Manusia yang harus dioptimalkan, dengan mencerdaskan generasi muda di Kota Depok. Kesadaran masyarakat di Kota Depok dalam membayar PBB sudah cukup baik, namun kita harus berupaya untuk mempertahankan dan mengoptimalkannya, agar menjadi 100 %.
Sambungnya, musrenbang hendaknya tidak hanya diangap sebagai kegiatan rutin biasa, tetapi harus benar-benar dijalankan, dan menghasilkan suatu prioritas yang benar-benar menjadi prioritas, demi kepentingan masyarakat. Musrenbang juga harus diawali dengan perencanaan yang matang, karena kunci sukses sebuah pembangunan adalah  melalui perencanaan yang matang. Pagu Prioritas telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota disetiap kecamatan sebesar 1 M, yang harus digunakan untuk infrastruktur : jalan, Sanitasi dan Drainase, “tuturnya.

Beliau menyampaikan bahwa Kota Depok ada di level 73, di tahun 2012 dalam penilaian adipura, oleh karena itu titik-titik lokasi yang menjadi penilaian namun, masih memiliki nilai kecil hendaknya ditingkatkan. Mindset untuk selalu menjaga kebersihan hendaknya ditanamkan kepada masyarakat, oleh karena itu  Pemerintah Kota bersama OPD terkait akan melakukan sosialisasi program kebersihan.
Diakhir sambutan, Idris Abdul Somad mengucapkan selamat melaksanakan musrenbang, semoga mampu menghasilkan prioritas yang bermanfaat bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, “tutupnya. (WG)

Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005




Tidak ada komentar:

Posting Komentar