Rabu, 20 Februari 2013

Tingkatkan Kualitas Demokrasi Dengan Gunakan Hak Pilih



Humas & Protokol Setda Kota Depok
Press Release
Rabu, 20 Februari 2013

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il membuka secara resmi Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pengurus RW Kecamatan Pancoran Mas dan Kecamatan Cipayung di Aula Lantai 1 Balaikota, Rabu (20/2). Acara yang dimotori oleh Kantor Kesbangpol ini menghadirkan narasumber dari KPUD, Panwaslu, dan Polres Depok. Materi yang akan diberikan berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2013, seperti mekanisme tahapan dan tatacara Pilgub, pengawasan serta pengamanan Pilgub.

Kepala Kantor Kesbangpol M Fitriawan mengatakan, Pilgub ini meruapakan sarana kedaulatan masyarakat sebagai bentuk langsung demokrasi, serta merupakan proses pembelajaran politik bagi warga dalam menggunakan hak pilihnya. “Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub, serta demi terciptanya kesadaran pemahaman peran serta aktif masyarakat dalam partisipasi Pilgub” ujar Fitriawan menambahkan, sosialisasi ini merupakan sosialisasi terakhir yang dilaksanakan, karena semua Kecamatan sudah dilakukan sosialisasi sebelumnya. Hari ini juga merupakan hari terakhir kampanye, mulai besok adalah hari tenang, ujar Fitriawan.

Pemimpin Kota Depok berharap, sosialisasi ini akan meningkatkan kualitas berdemokrasi sehingga dapat melahirkan proses-proses yang semakin dewasa. “Dewasa yang dimaksud adalah dapat mewujudkan 4 pilar,yaitu Pancasila, UUD 1945, Kebinekaan, dan NKRI. Sosialisasi ini merupakan upaya Kesbang untuk menyempurnakan kualitas Pilgub. Semoga dengan sosialisasi ini, kualitas kita semakin bagus. Ada 2 indikator yang termasuk bagus, yaitu tingkat partisipasi masyarakat yang ikut dalam Pilgub, dan tidak ada kerusuhan/ keributan selama masa kampanye, pemungutan suara. Dan pasca pemungutan suara. RW merupakan mitra pemerintah yang dapat mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggunakan hak pilihnya pada 24 Februari mendatang serta menjaga ketertiban dan keamanan saat penghitungan suara” jelas Walikota seraya menambahkan warga dapat menciptakan TPS yang menarik, yang didekor seperti layakna pesta dan menggunakan blangkon, dan masih banyak lagi cara yang bisa dibuat sebagai wujud kebahagian, karena Pilgub adalah hajat kita bersama. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar