Kamis, 14 Maret 2013

Walikota: “PKK menjawab tidak masalah mahalnya bawang merah dan bawang putih, hadapi dengan GPOP dan Kreatifitas! ”


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 14 Maret 2013


Pada rapat Konsultasi PKK Walikota menggunakan kesempatan ini untuk mengajak masyarakat melalui TP PKK se- Kota Depok untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan GPOP ( Gerakan Perempuan Optimalisasi Pekarangan) untuk menanam bawang merah dan bawang putih. “Hal ini dapat menjadi solusi dalam menghadapi harga bawang yang melambung tinggi. Jika sudah menanam di pekarangan sendiri, Ibu-Ibu rumah tangga dapat menggunakannya untuk memasak, bahkan dapat dijual jika jumlahnya berlebih, sehingga dapat menambah pengasilan keluarga, “ tutur Beliau. Beliau juga memberikan masukan kepada Ibu-Ibu PKK agar meningkatkan kreatifitas, seperti mengganti bawang putih dan bawang merah dengan rempah-rempah lain untuk masakaannya. Ibu-Ibu PKK harus menjadi agent informasi dan agen perubahan di lingkungannya masing-masing, dengan menyampaikan informasi tersebut dan mengajak masyarakat untuk melakukan GPOP.

Walikota juga menyampaikan perihal posyandu integrasi  yang dapat menggambarkan Gerakan PKK sebagai gerakan nasional, karena didalamnya terdapat partisipasi Pemerintah dan Partisipasi seluruh element masyarakat.

Kamis (14/3), Rapat konsuntasi  PKK kota Depok dilaksanakan di aula lantai 1 Balaikota Depok. Rapat konsultasi ini bertujuan untuk menyimak hasil rapat konsultasi  PKK Provinsi Jawa Barat pada tanggal 10 Desember 2012, dan Rapat OPD pada Februari 2013, meningkatkan profesionalisme kader seluruh tingkatan, dan menginformasikan rencana tahun 2013. Rapat ini mengusung tema “ Melalui rapat konsultasi PKK kita mantapkan kinerja jajaran TP PKK di semua tingkatan se-Kota Depok”. Turut hadir Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il, Ketua TP PKK Kota Depok Dra.Hj Nur Azizah Tamhid, Ma, Para TP PKK se-Kot Depok,  dan Pengurus PKK se-Kota Depok.

Sementara itu, Walikota juga mengingatkan agar masyarakat mempersiapkan diri dalam menghadapi lomba profil kelurahan sampai dengan bulan April. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Kota Depok. Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Depok dan BPMK menjadi OPD yang menangnii Kegiatan ini, dinas tersebut akan memberikan sejumlah bibit dan membimbing serta memberikan informasi tentang lomba tersebut. Dari seluruh kelurahan se-Kota Depok nantinya akan terpilih 2 dari setiap Kecamatan dan akan terpilih 2 RW terbaik dari kelurahan tersebut yang berhasil membentuk KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Indikator penilaian salah satunya adalah kesiapan organisasi wanita di lingkungan tersebut, akuntabilitas pengadministrasian, partisipasi dan keadaan lingkungan terutama dalam pelaksanaan KRPL. Diakhir sambutan, Beliau terus mengajak masyarakat melaksanakan gerakan memilah, mengolah dan menanam, seta menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan dalam rangka mewujudkan Depok bersih dan hijau juga dalam rangka meraih Adipura.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ketua TP PKK Kota Depok Dra. Hj. Nur Azizah Tamhid, “ PKK merupakan mitra Pemerintah Kota, PKK harus mendukung pelaksanaan program memilah, mengolah dan menanam, serta 4 Program andalan Kota Depok. “ Ketua TP PKK Kota Depok berpesan, Ketua dan Pengurus harus terus melakukan konsolidasi dan kekokohan lembaga setiap tingkatan harus terus dipelihara, PKK juga harus bisa melaporkan data yang akurat dalam hal pengadministrasian. PKK adalah gerakan dari oleh dan untuk masyarakat itu sendiri. Beliau juga menyampaikan beberapa prestasi Kota Depok yang juga sangat diapresiasi oleh Walikota, diantaranya yaitu:
- Kelurahan Sukamaju RW.15 menjadi juara 1 LBS
- Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga di Pondok Cina dan akan mengikuti lomba tingkat nasional
- Kelurahan Beji menjadi Juara 2 dalam pelaksanaan program-program pokok PKK
 -Kawasan Leuwiunang Juara terbaik dalam pelaksanaan p2wkss
-  Cilodong menjadi juara dalam BKB pokja duanya
- Kecamatan Panmas menjadi juara dalam penilaian hatinya PKK
- Kelurahan Bakti Jaya menjadi juara dalam pemanfatan pekarangan
- Kecamatan Tapos menjadi juara harapan 1 dalam B2SA
- Kecamatan Limo menjadi juara harapan 2 dalam pengolahan makanan bahan serba ikan
-Pokja 4 menjadi juara 1 Lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat nasional
- Lomba kader posyandu yang diikuti ke tingkat nasional
- Serta lomba kader posyandu teratai kelurahan Curug Cimanggis
(wrote by: Endang humas)

Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005



Tidak ada komentar:

Posting Komentar