Jumat, 01 Maret 2013

Walikota Terjun Langsung Dalam Aksi Bersih Adipura



Humas Protokol Setda Kota Depok
Press Release
Jum’at, 1 Maret 2013

Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma'il terjun langsung dalam aksi bersih yang dilaksanakan pada Jum'at (1/3) pagi. Aksi bersih yang dilaksanakan disejumlah titik yang menjadi penilaian adipura, juga dilakukan oleh Sekretaris Daerah, Asisten Ekbangsos, dan Kepala OPD Kota Depok. Aksi bersih pertama dilakukan di Jl. Tole Iskandar, disana, Walikota membersihkan gorong-gorong dan juga mengambil sampah yang tersangkut dijembatan panus.

Aksi bersih dilanjutkan di Jl Keadilan dan Jl Proklamasi, disana, orang pertama di Kota Depok sempat mengajak warga sekitar dan pemilik ruko untuk turut partisipasi dalam aksi bersih, terutama untuk menjaga kebersihan lingkungan rukonya. “Lingkungan sekitar ruko ini harus benar-benar diperhatikan dan dijaga kebersihan serta kehijauannya. Jangan lupa untuk menyediakan tong sampah, agar tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan” himbau Walikota.

Tak hanya warga, para siswa SD pun turut mengambil peran dalam membersihkan jalan tersebut. Dengan alat yang lengkap, mereka terlihat gembira menyapu bersama Pemimpin Kota Belimbing. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, dan mencintai lingkungan sejak dini , agar semua prilaku hidup bersih dan sehat menjadi kebiasaan kita sehari-hari, pesan Walikota. Perjalanan dilanjutkan ke SMAN 2, disana Walikota memantau kebersihan dan kehijauan lingkungan sekolah, dan ternyata disana sudah bersih dan hijau.

Pantauan dilanjutkan ke Tempat Pembuanan Akhir (TPA) Cipayung. “Kadatangan kami disini untuk melihat beberapa tempat yang menjadi titik pantau, dan untuk menindaklanjuti komitmen kami untuk meraih adipura, sehingga harus dilaksanakan upaya-upaya peningkatan dan perbaikan, salah satunya TPA Cipayung. Disini, ada beberapa teknik pengolahan yang harus diikuti” tutur Walikota menambahkan, sesuai dengan nasihat BLH, bahwa hasil pengolahan sampah yang sudah matang bisa digunakan dan berfungsi sebagai tanah untuk menutup sampah yang baru dibuang. Semoga hasil olahan sampah ini, dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga yang membutuhkan untuk kebutuhan pertanian dan perkebunan. Walikota berharap, warga dapat melaksanakan pemilahan sampah dan mendirikan bank sampah, sehingga tidak ada lagi sampah masyrakat yang di bawa ke TPA, karena warga dapat memanfaatkan sampah non organik dan mengolah sampah organik.

 Aksi bersih diakhiri dengan membagikan 100 tong sampah kepada supir angkutan umum (angkot) di terminal Depok. "Tong sampah ini akan ditempatkan didalam angkot, agar tidak ada lagi sampah yang berserakan didalam angkot. Karena, kita harus menjaga kebersihan dimanapun kita berada, termasuk diangkot. Dengan adanya tong sampah didalam angkot, diharapkan para penumpang dapat membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya" tutur Walikota seraya menambahkan, ini merupakan salah satu upaya penyadaran agar warga terbiasa hidup bersih dan sehat. (ols)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar