Senin, 10 Juni 2013

Sosialisasi internet sehat dan aman bagi anak, orangtua wajib mengetahui perkembangan teknologi informasi


Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Senin, 10 Juni 2013


Sebagian besar pengguna Internet para remaja. Internet digunakan remaja untuk mengakses berbagai situs yang berhubungan dengan pendidikan, hobi atau minat mereka sampai situs-situs jejaring sosial. Berbagai jejaring social semakin berkembang dengan dukungan smartphone, penggunaannya menjadi semakin mudah dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, beberapa jejaring social yang terkenal seperti facebook, twitter, google+, dll. Messenger seperti  BlackBerry Messengger, WeChat, Line, dll. Hal itu membuat Interaksi sosial dan komunikasi yang biasanya dilakukan secara tatap muka, beralih pada pemanfaatan teknologi melalui jejaring social di dunia maya. Situasi ini menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan pada remaja, Sehingga menjadi kebiasaan remaja dalam berkomunikasi.
Beberapa dampak negative yang timbul akibat penyalahgunaan Internet pada remaja
  • Meningkatnya kasus penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang masih berstatus pelajar yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring social  di internet.
  • Menurunnya sifat social remaja di masyarakat karena lebih suka berkomunikasi menggunakan jejaring social, Bahkan tak jarang remaja sampai tidak mengenal tetangga di lingkungan rumahnya.
  • Menurunnya moral remaja, anak menjadi berani pada orang tua, suka berkata-kata kasar dll. Hal tersebut merupakan akibat salah dalam bergaul di dunia maya, baik jejaring social maupun kecanduan permainan online.
  • Meningkatnya kasus pelecehan seksual di kalangan remaja dikarenakan penyalahgunaan Internet dengan membuka situs-situs berbau pornografi yang seharusnya tidak diperbolehkan.
  • Meningkatnya Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime), berupa pencurian maupun pengrusakan  data, penipuan, dll. Banyak diantara pelaku yang masih berstatus pelajar maupun mahasiswa.

Peran orang tua  sangatlah penting agar para generasi penerus bangsa tidak terkena dampak negative yang ditimbulkan kemajuan teknologi, dengan pengawasan orang tua maka kemajuan teknologi akan membantu para remaja untuk meningkatkan kreativitas dan meraih prestasi.

Pemerintah Kota Depok melalui BPMK, bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melakukan sosialisasi internet sehat. Para Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Para Ketua TP PKK , Kelurahan, Kecamatan se-Kota Depok, Perwakilan organisasi perempuan, dan hadirin lainnya, mengikuti sosialisasi ini pada Senin (10/6) di aula Gedung Sekar Peni Depok. Nantinya informasi yang didapat diharapkan akan disebarkan kembali kepada para orangtua dilingkungannya masing-masing.

Kepala BPMK Kota Depok Drg. Novarita mengemukakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meminimalisasi dampak buruk penggunaan internet. “Namun diperlukan kerjasama seluruh element masyarakat dan seluruh orangtua agar pengawasan penggunaan internet dikalangan anak-anak dapat berjalan dengan baik, “tuturnya. 
Sementara itu Staf Ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Prof.Dr. Kalamulloh Ramli, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Depok, tentang Depok sedang menuju Kota Layak anak. “Kota layak anak sangat dekat dengan perihal kematangan penggunaan internet. Penggunaan internet saat ini sudah sangat meluas, dari untuk mengerjakan tugas sekolah sampai dunia pertemanan, namun globalisasi informasi dapat memberikan dampak baik serta dampak buruk bagi moral bangsa.
Para orang tua diharapkan mampu mengarahkan anak-anaknya agar tidak membuka hal-hal yang negative, serta tidak secara mentah mencerna informasi yang didapat dari internet. Saat ini sebagian besar anak-anak mengakses internet dari gadget atau smatphone nya sendiri. Oleh karena itu, para orang tua diwajibkan mengikuti perkembangan teknologi informasi, dan mengetahui penggunaan teknologi infromasi agar dapat mengawasi penggunaan internet kepada anak-anaknya.
Konten-konten positif harus digalakkan, “marliah seluruh element masyarakat memberikan kontribusi dalam pemberian konten positif demi kemajuan anak bangsa. Jagalah kebersihan di dunia maya sama seperti kita menjaga kebersihan di dunia nyata,” pungkas Beliau

Senada, Wakil Walikota Depok Dr. KH. Idris Abdul Somad, MA  menghimbau kepada para orangtua agar senaniasa melakukan pengawasan kepada anak-anaknya saat menggunakan internet. Memberikan pehamahan dan pendidikan agama secara mendalam agar, diri anak-anak mampu menyaring dengan sendirinya, mana yang baik, dan aman yang buruk untuk dirinya. Orangtua harus mengikuti perkembangan teknologi informasi, dan dapat mengoprasikan Internet paling tidak melalui smart phone. Karena kalau orang tua saja tidak mengerti bagaimana mau mengawasi anak-anaknya, “pungkas Beliau.
Pada kesempatan ini juga Beliau mengumumkan bahwa Kota Depok nanti malam akan menerima sertifikat Perolehan Adipura, meskipun belum mendapatkan piala, namun Kota Depok telah mendapatkan penghargaan Kota bersih dan hijau, hal menjadi motivasi bagi seluruh element masyarakat dan pemerintah harus lebih bersemangat lagi dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan di Kota Depok. (Endang)

Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi
NIP. 1968 0913 199603 2 005I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar