Sabtu, 13 Juli 2013

ASI Adalah Makanan Yang Paling Sempurna



Siaran Pers
Humas Protokol Setda Kota Depok
Sabtu, 13 Juli 2013


Neo Kampung Sehat Ramadhan 2013 digelar di Lapangan bulu tangkis Kp. Lio Rt. 01, Rw. 13, Jln. Kembang Ijo, Depok pada Sabtu (13/7) sore. Acara tersebut dihadiri oleh Penaset Dompet Dhu’afa Farni Hadi, Direktur Lembaga Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Adi Marwadi, Asisten Ekbangsos Eka Bachtiar, Camat Pancoran Mas beserta para lurahya, dan OPD di Kota Depok, serta Habib Idrus Al Gadri, dan PKK Kota Depok.
 
Farni Hadi menginformasikan bahwa bulan ini, usia Dompet Dhua’afa genap sudah 20 tahun, dan alhamdulillah dompet dhu’afa bulan ini sudah melayani  300 ribu lebih umat islam dan masyarakat pada umumnya. Dompet dhua’fa juga memiliki LKC. “Terima kasih dan mohon maaf atas segala kesalahan yang kami perbuat” ujar Farbi Hadi.

Awali sambutan, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il mengatakan bahwa kita harus sadar bahwa diri kita perlu menerapkan prilaku hidup yang sehat, untuk itulah diadakan penyuluhan kesehatan yang dikemas dalam acara Neo Kampung Sehat Ramadhan. Dalam acara ini juga diselenggarakan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh warga Kp. Lio. Cerdas cermat berisi tentang kesehatan, seperti air bersih, pertolongan persalinan dengan dengan bidan atau paragi, cuci tangan pakai sabun dan  air yang mengalir, serta kesehatan ibu dan anak.

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Kota Belimbing juga sempat meminta salah satu warga yang mengikuti lomba cerdas cermat untuk menceritakan tentang kesehatan ibu dan anak. Seorang ibu pun menceritakan bahwa dari mulai hami, kandungannya harus dijaga, ibunya harus makan yang bergizi. Setelah melahirkan, bayinya harus diberi ASI dan diimunisasi untuk kesehatan bayi, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi, tutur ibu tersebut, yang mendapat apresiasai dari Walikota karena sudah paham tentang kesehatan ibu dan anak.

“Alhamdulillah angka kematian ibu dan bayi di Kota Depok sangat rendah. Untuk itu, terus sadari betapa pentingnya arti kesehatan bagi diri kita. Jangan sekali-kali memberi makan bayi sebelum berumur 6 bulan, dari lahir hingga 6 bulan, bayi harus diberi ASI. Karena menurut teori, ASI adalah makanan yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT. Tidak ada makanan yang lebih sempurna dari ASI” himbau Walikota yang tak bosan-bosan mengingatkan untuk tidak memberi makanan apapun selain ASI bila bayi belum berumur 6 bulan. Diakhir acara, orang nomer satu di Kota Depok juga menghimbau untuk memahami dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan. Dalam acara tersebut, Walikota juga memberikan sumbangan, berupa gerobak secara simbolis. (olas)

Kepala Bagian Humas dan Protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah S.Sos, M.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar