Selasa, 31 Desember 2013

Manfaat Posbindu Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani Lansia Kota Depok




Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Selasa, 31 Desember 2013                       


Posbindu merupakan pos pembinaan terpadu yang diadakan untuk melengkapi posyandu, dan melengkapi  ketahanan keluarga. Posbindu di Kota Depok menyediakan layanan untuk lansia, diantaranya adalah pemeriksaan tekanan darah, tes gula darah menggunakan alat. Posbindu juga bertuuan agar para lansia di Depok dapat tetap sehat, mandiri, dan tetap produktif di usia senjanya. Mengingat peran Posbindu yang cukup penting, membuat kadernya harus dibekali kemampuan dan pengetahuan. Oleh karena itu, Selasa (31/12) para kader Posbindu berkesempatan untuk mengikuti pelatihan yang diadakan di Aula lantai 1 Balaikota.

Kepala BPMK Kota Depok Ir. Widyati Ryandani mengatakan “acara ini untuk memberikan pembinaan, pelatihan dan sekaligus pemberian bantuan Posbindu dari Pemerintah Kota Depok. Posbindu turut membantu mewujudkan IPM Kota Depok, khususnya angka harapan hidup, seperti diketahui angka harapan hidup di Kota Depok sebesar 73,23. Posbindu lebih banyak dilakukan diwilayah yang banyak terdapat lansia.
Sambungnya, “hari ini pembinaan dan pemberian pembantuan untuk Kecamatan Panmas, Sukmajaya, Cimanggis dan Tapos, sedangkan 7 Kecamatan lainnya, sudah lebih dahulu dilakukan pembinaan dan pemberian bantuan. Terdapat 4537 kader posbindu, namun hanya 1605 yang cukup terlatih. Saya berharap uang pembinaan dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan kualtas para kader, sehingga nantinya akan membuat pelayanan Posbindu terus meningkat. Pada acara ini, juga aka nada pemberian bantuan sarana dan prasarana , timbangan, dan alat ukur gula darah, serta alat tensi.  Semoga bantuan tersebut dapat membantu meningkatkan kelembagaan dan meningkatkan strata posyandu dan posbindu di Kota Depok.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il, MSc, beserta Ibu Walikota selaku Ketua TP PKK Kota Depok Hj. Nur Azizah Tamhid, MA secara simbolis memberikan bantuan untuk Posbindu dari Pemerintah Kota Depok kepada Posbindu untuk ke 4 Kecamatan seperti yang telah disebutkan diatas.

Sementara itu, dalam arahannya H. Nur Mahmudi Isma`il, MSc mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para kader posbindu, yang hingga penghujung tahun, masih meluangkan waktunya untuk mengikuti pembinaan dan pelatihan ini. “Menyikapi pergantian tahun ketahun 2014, semoga Kita menjadi hamba Allah SWT yang pandai memanfaatkan waktu untuk hal-hal positif dan terus melakukan amal soleh. Menjadi pribadi yang semakin baik di tahun baru.
Posbindu merupakan pelengkap Posyandu, Posyandu di Kota Depok kedepannya, akan semakin banyak yang menjadi Posyandu terintegrasi. Semoga keberadaan Posbindu dapat membantu Lansia di Kota Depok melalui simple action nya, seperti pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah, dan penimbangan badan, “ tuturnya.
Diakhir sambutan, Nur Mahmudi mengajak para kader posbindu agar ikut menanam pohon, meskipun telah melewati bulan menanam, teruslah menanam,demi menghijaukan Kota dan mewujudkan Kota Depok yang peduli lingkungan.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il , MSc menggunakannya untuk berinteraksi dengan para kader Posbindu.
Beberapa Kader Posbindu mengemukakan cerita, tentang betapa keberadaan Posbindu di Kota Depok sangat dirasakan manfaatnya bagi para Lansia.
Salah satunya Ibu Aminah, menceritakan bahwa Para Lansia sangat merasa terbantu dengan adanya Posbindu, karena mereka dapat memeriksakan gula darah, dan tekanan darah. Tak hanya hal tersebut, bahkan kader Posbindu menjadi penghibur hati Para Lansia. Karena dengan keberadaan para kader yang juga ramah, dan melalui interaksi komunikasi antara kader dan lansia, dapat menjalin tali silaturahmi, dan membuat para Lansia merasa terhibur dan merasa diperhatikan, dengan kasih sayang.
 Kader Posbindu, dari Tapos menceritakan bahwa masyarakatnya cukup solid, dan sangat mau bekerjasama, apabila ada salah satu Lansia yang sakit, Posbindu membantu mengumpulkan dana sukarela dari masyarakat untuk membantu dan menjenguk lansia yang sakit tersebut. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar