Kamis, 23 Januari 2014

Musrenbang Sukmajaya Untuk Akselerasi Pencapaian Visi Kota Depok


Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 23 Januari 2014


Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sukmajaya Tahun 2014 digelar di Graha Insan Cita.  Wakil Walikota H. M Idris Abdul Shomad secara resmi membuka acara tersebut, Kamis (23/1) pagi. Musrenbang Kecamatan Sukmajaya mengusung tema Melalui Musrenbang 2014, Akselerasi Paparan Visi Kota Depok Menuju Kota yang Makin Nyaman, Produktif, dan Demokratis. Camat Sukmajya dan Ketua LPM Kecamatan Sukmajaya mengatakan bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbang Kelurahan.  Ketua LPM Sukmajaya M Haris berharap apa yang diusulkan pada musrenbang bisa menjadi kenyataan kaena merupakan prioritas kebutuhan dari warga. Pagu anggaran Kecamatan Sukmajaya sebesar Rp. 39,595,493,238.00.

“Kehadiran kita dalam musrenbang ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Mari kita ikuti musrenbang ini dengan diimbangi dengan rasa tangung jawab. Karena bila kita tidak mengimbanginya dengan rasa tanggung jawab maka akan menghitung-hitung. Untuk itu, mari kita curahkan pikiran, tenaga, dan waktu untuk kepentingan masyarakat” ajak Haris.

Senada, Wakil Walikota mengatakan bahwa musrenbang merupakan kegiatan yang mulia dan memiliki prinsip agama. Karena musyawarah adalah prinsip hidup dalam hidup. Musrenbang juga memiliki prinsip kultural karena dengan musyawarah, berarti masyarakatnya guyub. Guyub berarti kebersamaan, sama-sama bekerja dalam ruang kerja dan bekerjasama untuk mencapai tujuan. Untuk itu, hilangkan perasaan paling berjasa dalam kehidupan. Karena banyak orang yang tidak nampak dalam perjuangan bangsa ini.

Wakil Kota Depok melanjutkan, tahun 2015 merupakan tahun terakhir dari periode walikota terpilih saat ini dan pada tahun 2015 akan dilaksanakannya juga Pemilukada Kota Depok,  maka tema pembangunan tahun 2015 adalah Akselerasi Pencapaian Visi Kota Depok yang Makin Nyaman, Produktif dan Demokratis. Akselerasi berarti percepatan “tuntas” pencapaian RPJMD Kota Depok 2011-2016. Nyaman secara sosial budaya dan infrastruktur. Produktif secara ekonomi dan Demokratis secara politik (terkait  adanya pilkada 2015).

Wakil Walikota menginformasikan bahwa tahun ini akan di launching aplikasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) onine yang merupakan implementasi dari program andalan Kota Depok (Cyber City). Pelaksanaan RKPD online dimulai pada pelaksanaan musrenbang kecamatan. Sehingga diharapkan usulan kegiatan hasil musrenbang kelurahan yang disepakati di musrenbang kecamatan dapat diinput melalui aplikasi  RKPD online oleh operator di tingkat kecamatan. Penggunaan sistem ini bertujuan untuk  mengurangi kesalahan administrasi dan aritmatika (hitung)  dalam merekapitulasi usulan kegiatan  serta menghasilkan ketepatan  dan kecepatan waktu dalam penyusunan hasil perencanaan mulai dari tingkat kecamatan, OPD sampai dengan tingkat kota. “Selamat musrenbang, jangan berhenti berharap dan tetap bekerja, karena tuhan akan mengabulkan harapan kita pada waktu yang tuhan tentukan” tutup Wakil Walikota seraya menambahkan, perlu  adanya ”pengawalan program dan kegiatan”  oleh delegasi kecamatan pada Forum OPD maupun musrenbang kota.

Senada, anggota DPRD Ibu Endah juga mengatakan bahwa hasil musrenbang tingkat kecamatan ini harus bisa dikawal dengan sempurna. Kita harus “rewel” untuk memastikan usulan kita sampai ketingkat kota dan terealisasi. “Mari kita bermusrenbang dan menghasilkan usulan-usulan yang berkualitas dan harus kita kawal” ajak Endah. (olas)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar