Kamis, 06 Februari 2014

550 Juta Rupiah Beasiswa di Berikan Walikota Kepada Mahasiswa berprestasi

Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Kamis, 6 Februari 2014



Semangat anak-anak bangsa untuk menuntut ilmu terkadang masih terganjal dengan biaya pendidikan yang cukup mahal. Terutama biaya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun semangat mereka untuk belajar mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Depok. Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il Kamis, (6/2) memenuhi salah satu program di dalam RPJMD untuk memberikan beasiswa kepada 100 mahasiswa di Kota Depok. 16 Mahasiswa berprestasi yang merupakan warga Depok ini, sangat beruntung karena mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kota Depok. Target dalam RPJMD memang 100 mahasiswa, namun baru 16 mahasiswa, dan sisanya akan mennyusul di tahun ini. Beasiswa yang diberikan adalah biaya kuliah full selama 4 tahun, biaya hidup selama 1 tahun, biaya buku selama 1 tahun, nilainya mencapai 550 juta rupiah untuk 16 orang mahasiswa. Mereka adalah putra daerah (warga Depok) yang berhasil masuk ke IPB dan UNPAD. Rencananya beasiswa akan diberikan juga kepada putra daerah Depok yang berprestasi yang berkuliah di ITB, UI, UNJ, Gunadharma, dan Pancasila. Bahkan Pemkot Rencananya akan membuka program beasiswa ke Eropa.

Salah satu mahasiswi IPB yang menerima beasiswa (Medina putri) mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Depok yang telah memberikan beasiswa. Beasiswa yang diberikan kepadanya dirasakan akan sangat membantu untuk membayar biaya kuliah, dan biaya hidupnya selama menjadi mahasiswa S1. Dengan diberikannya beasiswa ini, Medina berjanji akan mempertahankan, dan meningkatkan prestasinya. Ia juga bercita-cita jika sudah lulus, akan berkontribusi untuk membangun Kota Depok.
Sementara itu, Nursari mahasiswi IPB sebagai anak dari seorang ayah yang sudah pensiun, dan mempunyai adik yang sedang sakit, mengatakan beasiswa ini merupakan sebuah mukjizat dari Allah SWT. Pendapatnya ia utarakan sambil terisak, saking terharu, rasa terimakasih begitu besar diutarakan kepada Walikota.  Beasiswa ini akan dapat sangat membantu kuliahnya.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma'il, mengatakan " semoga beasiswa yang diberikan dapat bermanfaat, dan digunakan sebaik-baiknya. Jumlah atau besaran beasiswa yang diberikan adalah proporsional, dan sesuai dengan kebutuhan minimal. Kebutuhan minimal, yang dimaksud adalah dapat memenuhi biaya kuliah selama 4 tahun, uang biaya hidup digunakan dan dimanage sebisa mungkin, serta uang buku selama 1 tahun, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa yang menerima tidak bermewah-mewah, karena dana beasiswa berasal dari APBD Kota Depok. Sukses lah dengan giat belajar, dan selalu berdoa," tuturnya.

Nanti ketika lulus, kalian bebas memilih ingin menjadi pegawai atau pengusaha (berwirausaha). Karena Indonesia masih minim angka wirausahawan. Jiwa kewirausahaan, sangat berpeluang baik untuk menjadi pengusaha sukses, dan juga mulia, karena membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Apapun yang dipilih harus survive, dan bersungguh-sungguh."Semoga salah satu diantara kalian dapat menjadi pemimpin bagi Negara kita atau Kota ini, kelak.  Selamat berjuang, sampaikan salam saya kepada orang-orang terdekat.Walikota juga mengajak adik-adik ini untuk melaksanakan Revolusi mind set, melaksanakan ODNC, ODNR, "cara bijak untuk hidup sehat dan mensejahterakan masyarakat", tuturnya. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar