Selasa, 18 Februari 2014

Sarasehan Sarapan Sehat Dalam Rangka Memperingati Pekan Sarapan Nasional



Siaran Pers
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Selasa, 18 Februari 2014


Setiap tanggal 25 Januari, diperingati Hari Gizi Nasional ( HGN) dan setiap tanggal 14-20 Februari diperingati Pekan Sarapan Nasional (PESAN). Sarapan merupakan kegiatan makan dan minum sebelum jam 9 pagi untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-3- % ) sebagai salah satu pilar gizi seimbang dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif dan cerdas.
Sarasehan Sarapan Sehat merupakan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-54 dan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) ke-2. Sarasehan Sarapan Sehat bertema “Sarapan Sehat Mewujudkan Generasi Sehat dan Cerdas” yang merupakan salah satu kegiatan PERGIZI PANGAN Indonesia diselenggarakan bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) dan Pemerintah Kota Depok.
Tujuan Sarasehan Sarapan Sehat dalam rangka PESAN 2014 adalah untuk mensosialisasikan alasan ilmiah pentingnya kebiasaan sehat, sebagai salah satu pilar gizi seimbang dalam rangka turut mewujudkan generasi Indonesia bergizi, sehat, cerdas serta memberi informasi, mengajak, mengingingatkan  dan mendorong masyarakat luas melalui pejabat, tokoh masyarakat, guru dan anak sekolah untuk membiasakan perilaku sarapan sehat setiap hari dengan makan dan minum yang aman dan bergizi.

Kegiatan PESAN ini oleh PERGIZI PANGAN Indonesia berlangsung sejak dua bulan lalu yang diawali berupa kegiatan lomba menulis sarapan sehat untuk blogger dan mahasiswa. Puncak acara kegiatan PESAN 2014 adalah pada tanggal 18 Februari 2014 di aula lantai 1 Balaikota Depok. Acara ini dihadiri oleh Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il, MSc, Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Bapak Agung Sugihartono, Kemenkes dan Deputi Bidang Koordinasi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana, 300 peserta terdiri dari  Tim Penggerak PKK, Kepala UPT Pendidikan, dan Kesehatan, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Siswa SD, Kepala OPD, Persagi, Pergizi dan hadirin lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il, MSc, dalam sambutannya menghimbau kepada para hadirin agar berperan aktif baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menanamkan dan menbiasakan perilaku sarapan sehat bagi masyarakat, anak-anak, dan para Pegawai. “Sarapan jika dilakuan secara benar dan tepat pada waktunya, maka akan dapat meningkatkan konsentrasi dan produktifitas.
Sarapan yang benar salah satunya melalui diversifikasi pangan, dengan gizi berimbang. Pemkot Depok terus menggalakan, dan mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dengan GKI yang tinggi. Salah satunya dengan melaksanakan ODNR pada hari Selasa, sebagai cara cerdas, hidup sehat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “ tuturnya.

Bertepatan dengan Pekan Sarapan Nasional, yang diselenggarakan di Balaikota, pada hari Selasa ini, para hadirin, melakukan sarapan secara bersama-sama dengan Walikota. Sarapan dengan menu nasi goreng, yang terbuat dari beras jagung. Menu sarapan seperti ini, dapat ditiru, karena memiliki GKI rendah, namun tetap bergizi seimbang didampingi lauknya yang bergizi.
Acara dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi mengenai alasan ilmiah pentingnya sarapan oleh Ir. Doddy Izwardy, MA (Direktur Bina Gizi dan KIA RI) dan oleh Prof Dr. Hardinsyah, MS (Guru Besar IPB dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia). Pembicara pertama memaparkan tentang sarapan sebagai salah satu pilar gizi seimbang untuk mewujudkan gizi baik, dan pembicara kedua memaparkan tentang pentingnya sarapan untuk mewujudkan generasi cerdas. (Endang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar